Kompas TV regional sosial

Melalui Program SMK Membangun Desa, Wagub Jabar Dorong Alumni SMK Kembali ke Desa

Kompas.tv - 3 April 2021, 20:45 WIB
melalui-program-smk-membangun-desa-wagub-jabar-dorong-alumni-smk-kembali-ke-desa
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (Sumber: KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUNINGAN, KOMPAS.TV - Saat meresmikan program “Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Membangun Desa” di SMK Karya Nasional, Kabupaten Kuningan, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta kepala sekolah untuk mendorong para siswa menciptakan lapangan kerja di desanya.

“Alumni (SMK) mesti berpikir kembali ke desa dengan kemampuan yang sudah dimiliki di sekolah untuk membangun desanya. Itu yang kami harapkan,” ucap Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat itu, Jumat (2/4/2021), seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Siapkan SDM Unggul Melalui Program SMK Pusat Keunggulan | ZONA INSPIRASI

Melalui Program SMK Membangun Desa, Uu mendorong kepala sekolah untuk terus menghadirkan inovasi. Dengan inovasi-inovasi cemerlang tersebut akan diterapkan untuk membangun desa-desa di Jabar. 

Uu mengatakan, program tersebut selaras dengan inovasi Pemprov Jabar, yakni Desa Juara. Di mana Desa Juara yang dimaksud Uu memiliki tiga pilar: digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Ketiga pilar itu menjadi dasar dalam merumuskan sejumlah program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, dan Sapa Warga.

Baca Juga: Wagub Jabar: Pertamina Siap Ganti Rugi Rumah Warga yang Rusak

Kata Uu, kebijakan-kebijakan berbentuk program tersebut bertujuan memangkas ketimpangan, kemiskinan, dan gap digitalisasi pedesaan dengan perkotaan.

“Tidak ada desa miskin kalau kita mampu memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Jika kedua hal tersebut dipadukan dan Pemerintah Kota, Kabupaten, maupun Provinsi turut membantu, Insya Allah Desa Juara akan semakin menjelma di Jawa Barat,” kata Uu.

Dalam kesempatan sama, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan program SMK Membangun Desa bisa melahirkan SDM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui keahlian yang dimilki siswa.

Baca Juga: Pelaku Penggelapan Belasan Mobil Siaga Desa Ditangkap

“Saya sampaikan terima kasih setulus-tulusnya atas ide gagasan kegiatan SMK Membangun Desa. Sesuai dengan bidang keilmuan yang digelutinya dan langsung membekali para siswa dengan skill,” ujar Acep, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x