Kompas TV tekno aplikasi

Curiga Akun Instagram Diblokir? Ini 6 Ciri dan Cara Mengeceknya

Kompas.tv - 3 April 2021, 16:45 WIB
curiga-akun-instagram-diblokir-ini-6-ciri-dan-cara-mengeceknya
Ilustrasi akun Instagram yang memblokir Anda. (Sumber: TechAdvisor)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Media sosial, seperti Instagram menjadi sarana komunikasi dan berbagi aktivitas dengan teman, saudara, keluarga, rekan kerja dan orang asing. Namun, Instagram juga memiliki fitur memblokir akun.

Saat menghadapi masalah atau terlibat perselisihan, seseorang dapat memblokir akun Instagram Anda. Namun, Anda tidak akan mendapat pemberitahuan, bila hal itu terjadi.

Itu artinya, Anda mesti mencari tahu sendiri apakah teman Instagram benar-benar memblokir akun Anda.

Baca Juga: Cara Menghapus Pesan setelah 7 Hari Fitur Disappearing Messages di Whatsapp Android dan iOS

Ada berbagai cara untuk memastikan seseorang telah memblokir akun Instagram Anda. Berikut 6 cara yang terbukti dapat mengetahui pemblokiran itu dan ciri-cirinya, dikutip dari KompasTekno.

1. Periksa Profil Anda

Instagram tidak akan menghapus komentar atau tag lama dari profil Anda, walau seseorang memblokir Anda.

Anda tetap dapat menemukan tag atau username orang yang meninggalkan komentar di akun Anda. Jika username itu masih ada di tag atau kolom komentar, Anda bisa mengkliknya.

Bila unggahan profil yang muncul dari username itu masih terlihat, itu artinya orang itu tidak memblokir Anda. Namun, bila Anda tak dapat melihat unggahan di profil orang tersebut, orang itu kemungkinan memblokir Anda.

2. Cari Profil Teman yang Diduga Memblokir Anda

Bila masih ingat username orang yang Anda duga memblokir, Anda bisa langsung melakukan pencarian profil orang tersebut. Anda cukup menuliskan username akun itu di kolom “search”.

Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi. Pertama, jika akun itu bersifat publik dan Anda masih bisa melihat unggahannya. Ini berarti Anda tidak diblokir.

Bila akun teman itu bersifat publik, tetapi Anda tidak bisa melihat unggahan, follower, dan following orang itu, itu artinya akun Instagram Anda di-block orang itu.

Skenario kedua, akun Instagram tersebut bersifat privat atau terkunci. Ciri akun Anda tidak diblokir adalah Anda masih bisa melihat foto profil, jumlah unggahan, jumlah follower dan following dan keterangan “Akun ini Pribadi”.

Ciri-ciri akun Anda di-block adalah username itu tidak muncul sama sekali di kolom pencarian. Catatannya, akun orang yang diduga memblokir Anda ini belum nonaktif atau dihapus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x