Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Buka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah, Munas Tertinggi Kedua di Bawah Muktamar

Kompas.tv - 2 April 2021, 20:04 WIB
jokowi-buka-tanwir-1-pemuda-muhammadiyah-munas-tertinggi-kedua-di-bawah-muktamar
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PPPM), Sunanto (akrab disapa Cak Nanto) saat memberikan sambutan pembukaan Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (2/4/2021). Tanwir 1 ini secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Pemuda Muhammadiyah)
Penulis : Deni Muliya

MANADO, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) telah membuka hajatan besar Pemuda Muhammadiyah berupa Tanwir 1 yang dilaksanakan di Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (2/4/2021).

Secara resmi Jokowi membuka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah itu melalui daring atau virtual.

Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah ini dihadiri seluruh pimpinan wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah, Kapolri Ajak dan Bangun Ketahanan Nasional

Selain berterimakasih atas berbagai peran aktif kebangsaan Pemuda Muhammadiyah, Jokowi berharap inovasi, kreativitas dan pengelolaan dakwah kultural wasathiyah Pemuda Muhammadiyah semakin optimal pasca dilaksanakannya Tanwir 1 Manado ini.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh Kader Pemuda Muhammadiyah di manapun berada yang selalu hadir membantu masyarakat, mengerahkan ribuan relawan KOKAM di saat masyarakat ditimpa bencana gempa, banjir, termasuk di masa pendemi,” ujar Jokowi.

Jokowi mengapresiasi kedaulatan ekonomi GPB (Gerakan Pengusaha Berkemajuan) Pemuda Muhammadiyah.

“Saya berharap Tanwir ke-1 Pemuda Muhammadiyah ini akan terus mendorong budaya enterpreuneurship dan kolaborasi di kalangan generasi muda sebagai strategi dakwah kultural Pemuda Muhammadiyah yang akan menebarkan nilai-nilai tawasuth dan ta’awun, saling membantu di semua lini kehidupan kebangsaan,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah yang dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (2/4/2021). (Sumber: Pemuda Muhammadiyah)

“Saya juga berharap Pemuda Muhammadiyah berada di dalam garis terdepan dalam menjaga dan memperkokoh toleransi, persatuan dalam keberagaman sesuai dengan ideologi kita Pancasila,” imbuh Jokowi.

Dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia, Tanwir 1 yang diselenggarakan di Grand Kawanua Convention Centre Manado, ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw serta para Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Membawa tema “Dakwah Kolaboratif Memajukan Bangsa”, sidang Tanwir sendiri bagi Pemuda Muhammadiyah merupakan agenda musyawarah nasional tertinggi kedua di bawah Muktamar. 

Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah dijadwalkan berlangsung dari Jumat (2/4/2021) hingga Ahad (4/4/2021).

Sebelum pembukaan oleh Presiden, acara Tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah dimulai dengan gelaran Diskusi Kepemudaan yang dihadiri secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat tinggi kemiliteran mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca Juga: Hasil Tanwir Virtual, Karena Covid-19 Muhammadiyah Gelar Muktamar Tahun 2021/2022

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Sunanto, yang akrab disapa Cak Nanto menegaskan bahwa Tanwir membahas terkait isu aktual kebangsaan, masalah organisasi hingga teknis Muktamar.

“Forum ini memberikan kesempatan bagi kita untuk menunjukkan bahwa dakwah kolaboratif bagi sesama dan kemajuan bangsa menjadi salah satu kewajiban dan fungsi kader Pemuda Muhammadiyah untuk kemajuan kita bersama,” ujar Cak Nanto, berpesan kepada hadirin saat sambutan dalam acara pembukaan itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x