Kompas TV nasional peristiwa

Puluhan Juta Orang Diprediksi akan Tetap Mudik, Korlantas Siapkan Ratusan Titik Penyekatan

Kompas.tv - 2 April 2021, 18:35 WIB
puluhan-juta-orang-diprediksi-akan-tetap-mudik-korlantas-siapkan-ratusan-titik-penyekatan
Ilustrasi: Situasi lalu lintas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2. Mudik gerbang tol (Sumber: Dok. PT Jasa Marga (Persero))
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyatakan, pihaknya telah menyiapkan 333 titik penyekatan baik dari jalur arteri maupun tol, untuk mencegah masyarakat yang ingin musik meski sudah dilarang.

Istiono menyebut, titik penyekatan ini dikonsentrasikan pada area Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah. Baik di jalan tol maupun arteri.

"Yang kita antisipasi jalur tol dan di jalur arteri, baik jalur Pantura, jalur tengah, jalur selatan hingga Jawa Tengah. Kita telah tetapkan titik-titik penyekatan agar semua tidak bisa melakukan mudik sesuai aturan."

"Nanti akan ada aturan khusus yang kita siapkan di lapangan," jelas Istiono usai bertemu dengan Menteri Perhubungan, di Gedung NTMC Polri, Jakarta, Jumat (02/04/2021).

Baca Juga: Berlaku 6-17 Mei 2021, Simak 8 Poin Larangan Mudik Lebaran Tahun Ini

Selain menyiapkan ratusan titik penyekatan, rapat antara Kakorlantas dengan Menhub juga membahas tentang metode sosialisasi larangan mudik kepada masyarakat hingga ke daerah. Rapat itu juga diikuti oleh sejumlah kepala dinas yang ada di Jawa.

"Oleh karenanya, saya menugaskan Dirjen Hubdar (Hubungan Darat) dan dirjen lain untuk koordinasi dengan Kakorlantas dan Gugus Tugas. Insya Allah apa yang dilakukan itu tetap tegas tetapi humanis," ujar Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, Budi mengungkapkan akan ada puluhan juta orang yang tetap akan mudik, walaupun sudah dilarang.

Hal itu terungkap lewat hasil survei persepsi masyarakat terhadap pergerakan perjalanan pada masa Idul Fitri 2021. Survei tersebut diadakan Kemenhub bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lembaga media.

Baca Juga: Mudik Dilarang, Muhadjir Effendy dan Sandiaga Uno Imbau Masyarakat Staycation Saja

“Estimasi potensi jumlah pemudik saat ada larangan mudik secara nasional sebesar 27,6 juta orang,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa, (30/03/2021).

Dari puluhan juta pemudik tersebut, diproyeksi paling banyak menuju Jawa Tengah sebesar 37%, Jawa Barat 23%, dan Jawa Timur 14%.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x