Kompas TV entertainment lifestyle

Dokter Sebut Konsumsi Rumput Fatimah Dapat Sebabkan Rahim Ibu Hamil Pecah hingga Bayi Meninggal

Jumat, 2 April 2021 | 17:57 WIB
dokter-sebut-konsumsi-rumput-fatimah-dapat-sebabkan-rahim-ibu-hamil-pecah-hingga-bayi-meninggal
Ilustrasi Ibu hamil (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebelumnya viral video yang menceritakan bahwa seorang ibu hamil mengalami pendarahan hebat dan bayi di dalam kandungan meninggal karena meminum air rumput fatimah.

"Janin meninggal akibat Rumput Fatimah. Detak Jantung janin negatif dan ibu mengalami syok akibat perdarahan. Pasien langsung dioperasi karena ruptur rahim,"

"Dirawat di ICU selama 7 hari menghabiskan 20 kantong darah. Setelah diselidiki ternyata minum air Rumput Fatimah," demikian narasi dalam video tersebut.

Rumput fatimah atau Labisia fumila merupakan sebuah tanaman herbal yang mengandung sejumlah zat antioksidan dengan efek anti inflamasi seperti flavonoid dan alkanoid.

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu, Dr. Inggrid Tania, yang dikutip dari Kompas.com, sebenarnya kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan.

Antioksidan sendiri dipercaya dapat menangkal radikal bebas dan kandungan anti inflamasi dapat meredakan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, masyarakat di beberapa daerah seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Malaysia banyak meyakini bahwa meminum air rendaman rumput fatimah dapat mempercepat proses persalinan.

Ini dikarenakan rumput fatimah mempunyai zat oksitosin yang memang berguna untuk membuat rahim berkontraksi.

Sayangnya, penelitian tentang rumput fatimah ini masih sangat sedikit dan terbatas, serta baru dilakukan pada hewan saja.

Tidak jelas juga kadar oksitosin yang terkandung dalam rumput fatimah dan bagaiamana cara pengolahan yang tepat untuk menghilangkan zat berbahaya lainnya.

Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19