Kompas TV regional berita daerah

Perpustakan Keliling Tuntaskan Buta Aksara

Kompas.tv - 1 April 2021, 14:49 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Misi mulia di lakukan oleh personil polisi yang sehari-harinya bertugas sebagai babinkamtibmas di polres sorong, Aipda La Dauwi. Dengan kepeduliannya akan dunia pendidikan, empat hari dalam seminggu motor dinasnya dibuat menjadi perpustakaan keliling.

Aktivitas ini sudah dilakukan Aipda La Dauwi semenjak tahun 2019 lalu. Buku-buku yang terkumpul dalam perpustakaan keliling ini berasal dari pribadi dan donasi polres sorong, dengan misi untuk menuntaskan buta aksara.

Anak-anak di wilayah kampung usili tidak sepenuhnuya belajar tatap muka, keterbatasan faslitas belajar menjadi masalah utama mereka untuk belajar. Sehingga perpustakaan keliling yang hadir sangat membantu aktivitas anak-anak kampung usili untuk tetap belajar lewat buku bacaan yang di bawa  oleh Aipda La Dauwi.

Ada dua relawan mahasiswa  yang aktif selalu membantu proses belajar di lingkungan kampung usili. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mereka sangat antusias belajar bersama. Tidak bosan-bosannya aipda la dauwi memanggil anak-anak ini di rumah mereka dan juga memanggil anak-anak yang sedang bermain untuk belajar. Meski kondisi yang serba keterbatasan namun semangat anak-anak di kampung usili ini tak putus untuk belajar.

Kapolres sorong Ajun Komisaris Besar Polisi,  Robertus Pandiangan, mengatakan perpustakaan keliling di harapkan dapat membantu anak-anak untuk belajar dan meningkatkan budaya membaca. Meski terhalang dengan kondisi yang serba terbatas namun tak menyurutkan anak-anak ini untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

#SorongPapuaBarat #PerpustakkanKeliling #Pendidikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x