Kompas TV regional berita daerah

46 Warga Tegal Rombongan Wisata Positif Covid-19

Rabu, 31 Maret 2021 | 14:04 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal mencatat, sedikitnya 46 orang terpapar Covid -19 merupakan grup senam Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Mereka dinyatakan terpapar Covid-19 usai melakukan wisata ke obyek wisata Dinoland Kabupaten Purbalingga pada pertengahan Maret lalu.

Awalnya, sepulang dari wisata, seorang perempuan dari peserta wisata berinisial W (40) mengalami gejala batuk, flu, badan lemas, dan tidak enak badan pada sabtu 20 Maret. W kemudian dilarikan ke RSUD Dr Soeselo Slawi, dan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) menyatakan W terkonfirmasi positif Covid 19 dengan penyakit penyerta diabetes. W kemudian meninggal dunia pada Kamis 25 Maret di RSUD Dr Soeselo Slawi.

Atas kasus tersebut, petugas Dinas Kesehatan dan Puskesmas Penusupan melakukan tracking, baik peserta senam maupun kontak eratnya. Dari 67 orang yang diswab, 18 orang positif Covid-19 dan empat orang negatif, sedangkan 45 orang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium //

Hingga Selasa pagi, jumlah positif terus bertambah dan saat ini sudah mencapai 46 orang yang dinyatakan positif. Dinas kesehatan setempat menduga kegiatan tersebut telah mengabaikan protokol kesehatan. Pasalnya, dalam satu bus, diisi 50 orang dari rombongan grup senam dan sejumlah anggota keluarganya.

"Jadi dari 18 kasus yang awal, 8 dirawat 10 isolasi, kemudian sekarang yang ketemu baru itu semuanya isolasi mandiri," ujar Joko Wantoro, Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal.

Dari 46 orang yang dinyatakan positif Covid-19, tujuhorang dirawat di RSUD Dr Soesilo Slawi dan satu orang dirawat di Rumah Sakit Umum Islam Muhammadiyah Singkil Adiwerna. Dan sebanyak 37 orang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

#Covid-19 #KabupatenTegal #DinasKesehatanTegal

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x