Kompas TV olahraga kompas sport

Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jepang Gilas Mongolia 14 Gol Tanpa Balas!

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 21:38 WIB
kualifikasi-piala-dunia-2022-jepang-gilas-mongolia-14-gol-tanpa-balas
Timnas Jepang menang telak dari Mongolia dengan 14 gol tanpa balas pada Selasa (30/3/2021). (Sumber: the-afc.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

KOMPAS.TV - Jepang tampil begitu dominan saat menjamu Mongolia pada Selasa (30/3/2021) malam di Chiba dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC. Samurai Biru menang telak dengan 14 gol tanpa balas.

Di bawah komando Hajime Moriyasu, Jepang mencetak lima gol di babak pertama. Maya Yoshida dan kawan-kawan melengkapi pesta itu dengan sembilan gol di babak kedua.

Hasil pertandingan ini adalah skor kemenangan terbesar Jepang sejak 1967. Pada 1967 timnas Jepang pernah menghantanm Filipina dengan margin 15 gol.

Baca Juga: Begini Tampilan Logo Baru Inter Milan, Langsung Tuai Kritik Fans

Kemenangan telak ini memastikan Jepang lolos ke babak selanjutnya kualifikasi Piala Dunia.

Mengutip The Japan Times, pembatasan perjalanan memaksa pertandingan tidak bisa berlangsung di Mongolia. Pertandingan pun berjalan di stadion Fukuda Denshi Arena dengan Jepang bertindak sebagai tim tandang.

Sejak awal laga, timnas Mongolia berusaha menyerang Jepang. Namun, Takumi Minamino berhasil mencetak gol pertama pada menit ke-13.

“Para pemain fokus pada apa yang bisa mereka capai daripada memikirkan lawan mereka. Di tengah pertandingan kami mengubah sistem kami, dan saya senang para pemain yang masuk untuk pertama kalinya melakukannya dengan sangat baik,” kata Moriyasu.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Dimulai, Berikut Jadwal Lengkapnya

Dengan gol ini. Minamino mencatatkan rekor selalu mencetak gol selama lima pertandingan kualifikasi Piala Dunia berturut-turut. Ia menjadi pemain Jepang kedua yang meraih rekor itu setelah Keisuke Honda.

Kemudian Daichi Kamada, Yuya Osako dan Hidemasa Morita bergiliran menyarangkan bola ke gawa Mongolia di babak pertama. Satu poin lainnya tercatat sebagai gol bunuh diri hasil pantulan umpan silang Ken Matsubara oleh bek Mongolia di menit ke-39.

Penjaga gawang Mongolia yang bernama Monkh-Erdene Enkhtaivan terlihat menonjol dan menampilkan performa apik. Ia melakukan sejumlah penyelamatan terbaik.

Namun pemain berusia 25 tahun tidak sanggup meladeni skuad Jepang yang sebagian besar bermain di klub Eropa.

Baca Juga: Alasan Mengapa VAR Tidak Digunakan di Kualfikasi Piala Dunia 2022

Junya Ito, Kyogo Furuhashi dan debutan tim nasional Sho Inagaki mencetak dua gol Pada babak kedua. Sedangkan, Osako mencetak hattrick. Takuma Asano memungkasi pesta gol ini.

Hasil tersebut membuat Samurai Biru memuncaki Grup F dengan 15 poin dari lima pertandingan dan 27 gol tanpa kebobolan. Jepang akan menjadi tuan rumah dalam enam pertandingan tersisa grup F. 

Jepang akan melawan Myanmar, Tajikistan, dan Kirgistan pada bulan Juni.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x