Kompas TV regional berita daerah

Kembali Dibuka Pendaftaran Kartu Prakerja

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 18:28 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Badung, KOMPAS TV - Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 16 mulai dibuka secara nasional termasuk di Bali. Selain menggelar pendaftaran gelombang 16, pelaksana program kartu prakerja berencana akan membuka gelombang pendaftaran ke 17.

Sosialisasi dan pendaftaran kartu prakerja dilakukan minggu siang, di Nusa Dua. Kartu prakerja ini adalah program yang dicanangkan oleh presiden joko widodo , untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja Indonesia yang menurut bps 90 persen belum mendapat pelatihan pada data tahun 2019.

Selain itu, program ini dinilai bisa bermanfaat dan memberikan dorongan masyarakat untuk berusaha, karena juga mendapat pelatihan soft skill. Ada 1600 pelatihan di kartu prakerja, tingkatkan skill untuk produk usaha, jasa lebih baik.

Sementara itu ketua komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, mendukung program kartu prakerja ini. Karena memberikan pelatihan yang bermanfaat. Namun ia ingin seluruh pihak berkoordinasi  mensukseskan kartu prakerja ini. Melihat tingginya antusias pendaftar,  gelombang ke 17 nanti secara potensial akan dibuka. Alokasi dana untuk gelombang 17 nanti diambil dari peserta di gelombang 12 hingga 16 yang tidak menggunakan dana pelatihannya.

Program kartu prakerja ini sudah berjalan selama 1 tahun. Sejauh pelaksanaan program kartu prakerja ini, 70 persen alumni kartu prakerja menggunakan insentif rp 2,4 juta sebagai modal usaha. Pendaftaran kartu prakerja ini hanya berlaku bagi mereka yang belum pernah menerima bantuan sosial dari pemerintah.

#prakerja #badung #bali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x