Kompas TV entertainment lifestyle

5 Cara Mudah untuk Mengetahui Kamera Tersembunyi di Toilet Umum

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 21:00 WIB
5-cara-mudah-untuk-mengetahui-kamera-tersembunyi-di-toilet-umum
Ilustrasi kamera pengawas (Sumber: Pixabay/Pete Linforth)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teknologi kamera pengawas dipasang di banyak titik di lokasi publik untuk memudahkan manusia dalam hal pengawasan dengan tujuan keamanan. Namun masih saja ada pihak tak bertanggungjawab yang menyalahgunakan fungsi kamera pengawas dan memasangnya di area pribadi.

Pelaku yang menaruh kamera tersembunyi biasanya sengaja ingin merekam aktivitas pengguna saat menggunakan toilet umum, ruang ganti, atau kamar tidur penginapan. Entah saat buang air kecil, berganti pakaian, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu saja mengganggu ranah privasi dan termasuk ke dalam pelecehan seksual. Video yang merekam tubuh kita ini rentan disalahgunakan dan disebarluaskan. Untuk menghindari jadi korban dari aksi nakal ini, penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Aksi Pencurian Ban Mobil Terekam Kamera Pemantau

TJ McCue, founder Refine Digital membagikan 5 cara untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Berikut rangkumannya seperti dikutip dari Forbes, Minggu (28/03/2021):

1. Periksa Seluruh Area

Salah satu perusahaan penyedia kamera keamanan, Reolink, menyebutkan beberapa titik yang sering dipakai untuk menempatkan kamera seperti detektor asap, wall decor, gantungan baju, kotak tisu dan masih banyak lainnya.

Penting untuk memperhatikan lokasi sekitar saat memasuki toilet umum, ruang ganti, atau kamar di penginapan untuk memastikan tidak ada kamera yang terpasang.

2. Gunakan Lampu Flash di Ponsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.