Kompas TV nasional peristiwa

Imbauan PGI Soal Bom Makassar: Tenang, Percayakan Aparat dan Jangan Unggah Gambar Meresahkan

Kompas.tv - 28 Maret 2021, 12:43 WIB
imbauan-pgi-soal-bom-makassar-tenang-percayakan-aparat-dan-jangan-unggah-gambar-meresahkan
Ketua Umum PGI Gomar Gultom (Sumber: KompasTV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom  mengungkapkan dukacita mendalam atas ledakan bom yang terjadi di depan Katedral Makassar, Minggu (28/3), pagi ini, terutama dengan adanya korban luka. 

Peristiwa naas ini menambah daftar panjang aksi kekerasan dan teror yang terjadi di nusantara. Namun, Pendeta Gomar mengimbau seluruh umat untuk tetap tenang dan mempercayakan sepenuhnya penanganan masalah ini kepada aparat terkait. 

"Saya menyerukan seluruh umat untuk tidak takut dan resah, tapi tetap waspada. Saya juga mengimau agar tak ada di antara kita yang memposting gambar atau video tentang persitiwa ini yang justru dapat menimbulkan keresahan masyarakat," katanya, Minggu (28/3/2021).

Baca Juga: Menag: Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Tindakan Keji, Jauh dari Agama

Gomar percaya penuh bahwa aparat  mampu mengusut tuntas kasus ini dan dapat menciptakan suasaana aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Makassar

Sangat mengenaskan, peristiwa naas ini terjadi saat umat Kristen di Indonesia sedang merayakan Minggu Palmarum.

Peristiwa Minggu Palma, kata Gomar, merujuk pada peristiwa masuknya Yesus ke Jerusalem dengan mengendarai keledai betina. Lewat ini Yesus sedang membangun persepsi tentang diriNya sebagai Mesias, Raja Damai yang lemah lembut, rendah hati dan menghadirkan kehidupan. 

"Dia tidak datang dengan kekuasaan, kekuatan, apalagi kekerasan untuk berperang dan menghancurkan kehidupan.

Baca Juga: Seorang Warga Larikan Korban Ledakan Bom Gereja Katedral Makassar ke Rumah Sakit

 Dalam semangat kelembutan seperti itulah saya mengajak umat Kristen menghadapi peristiwa ini, seraya berdoa bagi kedamaian masyarakat kita," pungkasnya. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.