Kompas TV bisnis kebijakan

Presiden Jokowi: Tidak Ada Impor Beras hingga Juni 2021

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 19:50 WIB
presiden-jokowi-tidak-ada-impor-beras-hingga-juni-2021
Presiden Jokowi Memberi Pernyataan Terkait Impor Beras, Istana Merdeka, 26 Maret 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo memastikan tidak ada impor beras yang masuk Indonesia hingga Juni 2021.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 bahwa tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia,” tegas Presiden Jokowi Terkait Impor Beras, Istana Merdeka, (26/3/2021).

Indonesia, tegas Presiden Jokowi sudah hampir tiga tahun ini tidak mengimpor beras. Meski demikian, Presiden Jokowi membenarkan jika memang ada kesepakatan dengan Thailand dan Vietnam tetapi hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga terkait situasi pandemi covid-19.

Baca Juga: Curiga Ada Maladministrasi, Ombudsman Minta Impor Beras Ditunda

“Dan saya tegaskan, memang ada MoU dengan Thailand dan Vietnam. Itu hanya untuk berjaga-jaga mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian,” ujar Jokowi.

“Saya tegaskan sekali lagi, berasnya belum masuk,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi lebih lanjut memastikan jika beras petani akan diserap oleh Bulog. Selain itu, sambung Presiden, ia akan segera memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar membantu terkait anggarannya.

Baca Juga: Pemerintah Buka Impor Beras, Ombudsman Cium Aroma Tak Beres dan Minta Ditunda

“Saya tahu kita memasuki masa panen dan harga beras di tingkat petani belum sesuai yang diharapkan,” ucap Presiden Jokowi.

Berdasarkan penegasannya soal impor beras, Jokowi lebih lanjut meminta perdebatan soal impor beras segera dihentikan. Presiden Jokowi menegaskan tidak ingin perdebatan ini justru berdampak buruk pada harga gabah.

“Hentikan perdebatan yang berkaitan dengan impor beras ini justru bisa membuat harga jual gabah di tingkat petani turun atau anjlok,” tegas Presiden Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x