Kompas TV religi beranda islami

Profesi Ini Disukai Nabi

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 17:09 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Bila muncul pertanyaan apakah pekerjaan yang paling utama (paling bagus)?

Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan mengatakan bahwa pekerjaan yang paling bagus adalah pekerjaan yang sesuai dengan keadaan setiap orang, dan saling mendukung antara mukmin yang satu dan lainnya.

Seorang ulama besar mazhab Syafii berpendapat bahwa yang paling diberkahi adalah bercocok tanam karena tawakalnya lebih tinggi. Sedangkan Imam Nawawi rahimahullah berpendapat bahwa yang paling diberkahi adalah pekerjaan dengan tangan.

Tiga alasan yang melatarbelakanginya yaitu bercocok tanam termasuk pekerjaan dengan tangan, tawakal seorang petani itu tinggi, dan kemanfaatannya untuk orang banyak, termasuk pula manfaat untuk binatang dan burung.

Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Ali Bassam, penulis Tawdhihul Ahkam mengatakan pekerjaan terbaik adalah disesuaikan pada keadaan setiap orang.

Yang terpenting adalah setiap pekerjaan haruslah berisi kebaikan, tidak ada penipuan, serta menjalani kewajiban yang mesti diperhatikan ketika bekerja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah kepada Allah, serta janganlah engkau malas.” (HR. Muslim, no. 2664)

Sebenarnya semua pekerjaan sangat dibutuhkan, karenanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan,

“Mukmin yang satu dan lainnya bagaikan bangunan yang mesti menguatkan antara satu bagian dan bagian lainnya.” (HR. Bukhari, no. 2446 dan Muslim, no. 2585, dari Abu Musa)

Semoga kita mendapatkan pekerjaan terbaik yang penuh berkah.

 

Wallahu 'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x