Kompas TV entertainment selebriti

Rambah Dunia Digital, Komeng Bongkar Rahasia Jaga Kualitas Lawakannya

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 13:03 WIB
rambah-dunia-digital-komeng-bongkar-rahasia-jaga-kualitas-lawakannya
Komedian Komeng ketika membicarakan soal perkembangan kanal YouTube-nya dengan Abdel Achrian (Sumber: (YouTube Abdel Achrian))
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Pelawak senior Indonesia, Komeng mengungkapkan apa rahasia untuk menjaga kualitas lawakannya. Dalam bincang-bincang yang dilakukan dalam kanal YouTube Melaney Ricardo, Komeng menjawab: dengan mencatat dan membaca.

"Ya dari nulis (celetukan), setiap hari nulis. (Ketika) ngomongin baju, bagaimana cara bisa bikin lucu," jelas Komeng seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/03/2021).

Baca Juga: Ketua Kreatif Olimpiade Tokyo Mundur Usai Sebut Komedian Bertubuh Gemuk Mirip Babi

Memiliki nama lahir Alfiansyah Bustami, materi lawak yang dia catat itu sesekali dia baca ketika dalam waktu senggah. Dia juga membantah lawakannya spontan keluar dari dirinya.

"Tetep harus diisi kepalanya dulu," lanjut Komeng menjelaskan. Komeng menilai seorang komedian atau pelawak semestinya memiliki wawasan yang luas ketika membuat materi.

Baca Juga: KPAI Akui Ada Unsur Pelecehan untuk Betrand Peto dalam Materi Komedi Ridwan Remin

"Ya itu dia, harus tetap belajar, kepala diisi.Semisal nanti mau ngobrol harus tau mau ngomongin apa," ucap Komeng.

Diketahui Komeng kini merambah dunia digital dengan membuka akun YouTube. Sebagai pengguna pemula, dia berusaha rajin mengunggah berbagai konten.

"Kadang-kadang kita kalau sudah tanggung jawab aja netizen masih nanyain, 'jangan lama-lama dong part 2-nya' kadang-kadang gitu," ujarnya Komeng.

Baca Juga: Kabar Gembira Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dibuka untuk Akses YouTube



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x