Kompas TV nasional sosial

Portal Rekrutmen ASN 2021 Punya Empat Item Baru

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 10:55 WIB
portal-rekrutmen-asn-2021-punya-empat-item-baru
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.(AFP/JUNI KRISWANTO) (Sumber: AFP/JUNI KRISWANTO via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV- Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 kemungkinan akan dilakukan pada awal April 2021 nanti. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun memastikan bahwa dalam seleksi ASN itu hanya memakai satu portal pendaftaran resmi yakni Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Ketua BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, penggunaan portal SSCASN akan mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran terhadap tiga rekrutmen.

Adapun ketiga rekrutmen itu adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Catat Jadwalnya, Ini Formasi Pembukaan dan Jadwal Seleksi CPNS 2021

Bima Haria juga mengungkapkan, BKN sudah meningkatkan fitur teknologi dalam SSCASN. Termasuk adanya beberapa item baru pada pada kanal SSCASN.

Berikut ini Kompas.tv rangkum terkait portal SSACSN yang digunakan dalam rekrutmen ASN 2021:

1. Tak perlu unggah sejumlah dokumen

Salah satu kemudahan yang didapatkan dengan adanya peningkatan fitur SSCASN, peserta seleksi ASN kali ini tidak perlu mengunggah lagi dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat mendaftar.

Pasalnya, portal SSCASN sudah terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti," ujar Bima, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Teknologi Pengenal Wajah untuk Tes CPNS Mendatang, Jasa Calo Tetap Ada?

2.  Akses seluruh informasi

Peserta seleksi ASN dapat mengakses informasi seluruh formasi yang dibuka pemerintah.

Hal ini termasuk inovasi baru pada portal SSCASN, karena pada seleksi sebelumnya, peserta hanya dapat melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing Instansi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x