Kompas TV regional viral

Viral Temuan Butiran Emas di Pesisir Maluku Tengah, Ahli Duga Hal Ini Sumbernya

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 08:16 WIB
viral-temuan-butiran-emas-di-pesisir-maluku-tengah-ahli-duga-hal-ini-sumbernya
Ratusan warga Desa Tamilow, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah tengah mendulang emas di pantai dusun Pohon Batu, desa setempat, Rabu (24/3/2021)(warga Tamilow: Kamarudin) (Sumber: Dok, warga Tamilow via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

MALUKU TENGAH, KOMPAS.TV- Penempuan emas di pesisir pantai Maluku Tengah, Provinsi Maluku Tengah mendadak jadi perbincangan masyarakat. Akibatnya, warga setempat yang berada di Desa Tamilow, Kecamatan Amahai berbondong-bondong mendulang emas pasca penemuan butiran emas di pesisir pantai desa itu.

Nah, yang jadi pertanyaan, apakah bisa emas ditemukan di pesisir pantai?

Dr. Zain Tukia, seorang ahli geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon tak menampik adanya fenomena butiran emas ditemukan di pesisir pantai dan kemungkinan bisa saja terjadi.

Baca Juga: Viral Pesisir Pantai Desa Tamilow, Warga Menolak Orang Luar Datang, Apalagi untuk Cari Emas

"Itu dimungkinkan kalau ada sumbernya di atas (hulu). Jadi kalau misalnya di gunung ada (emas) kemunginan terkikis dan terbawa air ke bagian bawah. Kalau tidak ada sumbernya pasti tidak ada," papar Zain.

Menurutnya, secara umum emas berada di bawah bebatuan yang lebih keras, seperti bebatuan kuarsa atau malihan di wilayah pegunungan.

Mineral emas yang berada di bebatuan keras itu terbentuk dari endapan primer.

Jadi, emas dalam bentuk butiran yang lebih kecil di pesisir pantai Desa Tamilow itu terbentuk karena adanya endapan plaser.

"Jadi di air ini hulunya. Intinya ada pengikisan lalu terbawa dan terendap di kali dan sebagainya. Jadi kalau muara sungai sampai ke pantai maka akan sampai di pantai juga, itu namanya tipe plaser. Jadi pembentukan secara sekunder dia berhubungan dengan endapan pasir di kali dan pantai," jelas Zain.

Dia mengungkapkan, endapan primer berbentuk butiran emas dalam bebatuan yang umumnya ditemukan di dalam batu kuarsa atau berupa mineral yang terbentuk akibat adanya proses magmatisme.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x