Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Filipina Tembak 16 Militan Muslim dalam Kontak Senjata

Kamis, 25 Maret 2021 | 05:04 WIB
tentara-filipina-tembak-16-militan-muslim-dalam-kontak-senjata
Tentara Filipina di Jolo, Provinsi Sulu. (Sumber: AP Photo)

KOTABATO, KOMPAS.TV - Militer Filipina mengatakan bahwa pasukannya telah menewaskan sedikitnya 16 pemberontak Muslim yang bersekutu dengan kelompok ISIS dalam serangkaian bentrokan selama sepekan terakhir. Bentrokan ini membuat ribuan penduduk desa di provinsi selatan Filipina mengungsi.

“Pertempuran terberat dimulai pada 17 Maret dan berlangsung selama empat hari di kota Datu Saudi Ampatuan di Provinsi Maguindanao,” kata Juru Bicara Militer Regional Letnan Kolonel John Paul Baldomar, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Pemerintah Filipina Serahterimakan 4 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Ke KBRI Manila

Dia mengatakan pasukan membunuh 14 militan, baik dari Pejuang Kebebasan Islam Bangsa Moro maupun dari kelompok Daulah Islamiyah, dan melukai 25 lainnya.

Baldomar mengatakan pertempuran yang melukai tiga tantara itu, meletus setelah gerilyawan mengancam akan menyerang sebuah desa dan pos keamanan. Pasukan kemudian menemukan tujuh bahan peledak rakitan dan dua senjata api dari tempat pertempuran.

Selama puncak pertempuran, sekitar 5.700 keluarga harus melarikan diri ke tempat aman. Namun menurut militer, kini pertempuran di sana telah mereda.

Pertempuran lainnya terjadi pada Senin (22/3/2021) lalu ketika sekelompok kecil militan menyerang pos militer di sebuah desa di kota Shariff Aguak, Provinsi Maguindanao. Seorang pejabat militer mengatakan, orang-orang bersenjata itu mundur setelah baku tembak singkat yang menewaskan seorang militant.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:27
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19