Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Filipina Tembak 16 Militan Muslim dalam Kontak Senjata

Kamis, 25 Maret 2021 | 05:04 WIB
tentara-filipina-tembak-16-militan-muslim-dalam-kontak-senjata
Tentara Filipina di Jolo, Provinsi Sulu. (Sumber: AP Photo)

KOTABATO, KOMPAS.TV - Militer Filipina mengatakan bahwa pasukannya telah menewaskan sedikitnya 16 pemberontak Muslim yang bersekutu dengan kelompok ISIS dalam serangkaian bentrokan selama sepekan terakhir. Bentrokan ini membuat ribuan penduduk desa di provinsi selatan Filipina mengungsi.

“Pertempuran terberat dimulai pada 17 Maret dan berlangsung selama empat hari di kota Datu Saudi Ampatuan di Provinsi Maguindanao,” kata Juru Bicara Militer Regional Letnan Kolonel John Paul Baldomar, seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Pemerintah Filipina Serahterimakan 4 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Ke KBRI Manila

Dia mengatakan pasukan membunuh 14 militan, baik dari Pejuang Kebebasan Islam Bangsa Moro maupun dari kelompok Daulah Islamiyah, dan melukai 25 lainnya.

Baldomar mengatakan pertempuran yang melukai tiga tantara itu, meletus setelah gerilyawan mengancam akan menyerang sebuah desa dan pos keamanan. Pasukan kemudian menemukan tujuh bahan peledak rakitan dan dua senjata api dari tempat pertempuran.

Selama puncak pertempuran, sekitar 5.700 keluarga harus melarikan diri ke tempat aman. Namun menurut militer, kini pertempuran di sana telah mereda.

Pertempuran lainnya terjadi pada Senin (22/3/2021) lalu ketika sekelompok kecil militan menyerang pos militer di sebuah desa di kota Shariff Aguak, Provinsi Maguindanao. Seorang pejabat militer mengatakan, orang-orang bersenjata itu mundur setelah baku tembak singkat yang menewaskan seorang militant.

Bentrokan lain terjadi Selasa (23/3/2021) di dekat kota Guindulungan, ketika pasukan memerangi militan yang memasuki desa pedesaan dan membuat khawatir penduduk. Pertempuran itu menewaskan satu militan.

Baca Juga: Tembak Komandan Pemberontak Abu Sayyaf, Militer Filipina Berhasil Membebaskan 4 Tawanan WNI

Kolonel Angkatan Darat Pedro Balisi berterima kasih kepada penduduk desa dan pejabat kota di provinsi yang mayoritas penduduknya Muslim, karena telah melaporkan keberadaan orang-orang bersenjata itu.

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Oknum Polisi Terlibat Kasus Narkoba

Jumat, 17 September 2021 | 16:47 WIB
Berita Daerah

Bayi Ditemukan Dalam Selokan

Jumat, 17 September 2021 | 16:46 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19