Kompas TV internasional kompas dunia

Temukan Satu Batch Vaksin Bertutup Rusak, Hong Kong Hentikan Sementara Penggunaan Pfizer

Kamis, 25 Maret 2021 | 04:48 WIB
temukan-satu-batch-vaksin-bertutup-rusak-hong-kong-hentikan-sementara-penggunaan-pfizer
Perawat memegang vial vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech di London (08/12/2020) (Sumber: AP Photo)

HONG KONG, KOMPAS.TV - Hong Kong menangguhkan penggunaan vaksin Pfizer pada Rabu (24/3/2021), setelah distributornya di China memberi tahu, bahwa satu batch vaksin tersebut memiliki tutup yang rusak.

Pemerintah Hong Kong pun menyatakan penangguhan sementara dilakukan, hingga masalah tersebut diselidiki. BioNTech dan Fosun Pharma yang merupakan distributor vaksin, belum menemukan alasan bahwa produk tersebut tidak aman. Namun vaksinasi akan dihentikan sebagai tindakan pencegahan dan keamanan.

Tutup yang rusak ditemukan pada vaksin dari nomor batch 210102. Selain itu, vaksin dengan nomor batch 210104, juga tidak akan diberikan kepada masyarakat.

Pada Rabu, Makau juga mengatakan bahwa warganya tidak akan menerima vaksin Pfizer dari batch yang sama.

Menurut Direktur Kesehatan Hong Kong Constance Chan, vaksin dari batch tersebut terdiri dari total 585.000 dosis. Selain itu, nomor batch lainnya 210104, terdiri dari 758.000 dosis.

Baca Juga: Uni Eropa Segera Datangkan 4 Juta Dosis Tambahan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer dan BioNTech

Meskipun sekitar 150.000 dosis dari batch 210102 telah diberikan di Hong Kong, namun para pejabat mengatakan bahwa vaksin aman digunakan meskipun kemasan cacat. Tindakan penangguhan ini merupakan tindakan pencegahan. Hingga saat ini, nomor batch 210104 tetap berada di gudang dan belum digunakan.

Chan mengatakan, ada lebih dari 40 kejadian ketika petugas medis menemukan kemasan yang rusak, seperti retakan pada botol vaksin atau kebocoran ketika vaksin diencerkan dengan larutan garam sebelum diberikan.

Menurut para pejabat, vaksin-vaksin ini akan dibuang dan tidak akan diberikan pada warga.

"Fosun telah berjanji untuk melakukan penyelidikan segera, mereka akan mendekati pabrikan di Jerman untuk memeriksa pabrik mereka," kata Chan. "Ketika vaksin tiba di Hong Kong, mereka akan meninjau seluruh rantai logistik untuk melihat apakah itu penyebab dari situasi saat ini (rusaknya tutup botol vaksin)."

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Vaksinasi Masal Berhadiah Sembako

Kamis, 16 September 2021 | 21:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19