Kompas TV nasional politik

Zulkifli Hasan: Bangsa Terganggu Saat Capres dan Cawapres yang Kalah Jadi Menteri

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 23:32 WIB
zulkifli-hasan-bangsa-terganggu-saat-capres-dan-cawapres-yang-kalah-jadi-menteri
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Sumber: Dok Humas PAN/MPR RI)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, mengaku sedih melihat kondisi bangsa Indonesia yang terjadi saat ini.

Pasalnya, kata dia, Indonesia dalam menyelenggarakan demokrasi telah meninggalkan semangat musyawarah mufakat.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Ingatkan Pendukung Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab: Covid-19 Itu Nyata, Bukan Isu

Politik elektoral berubah menjadi ajang memperebutkan kekuasaan semata untuk berebut lobi dan pengaruh. Tak peduli masyarakat terpolarisasi secara hebat.

Bahkan, menurut pria yang akrab disapa Zulhas itu, muncul benih-benih permusuhan dan kebencian yang ongkos sosial budayanya sangat tinggi.

"Polarisasi politik menimbulkan permusuhan dan kebencian, cebong vs kampret, buzzer vs kadrun, bisa terus tereskalasi menjadi pikiran us vs them," kata Zulhas dikutip dari tayangan di chanel Youtube pribadinya pada Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Banyak Orang Tak Tahu, Terawan Menteri Kesayangan Jokowi, Tak Mungkin Di-reshuffle

Menurut Zulhas, istilah kami melawan mereka inilah yang sangat membahayakan keutuhan Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pesta demokrasi yang terjadi selama ini mahal sekali ongkosnya bagi parpol maupun peserta pemilu.

Akibatnya, menghasilkan pola-pola yang sifatnya transaksional sehingga merugikan dan membodohkan masyarakat. Sementara tensi politiknya tidak dikelola dengan baik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.