Kompas TV internasional kompas dunia

Bagaimana Rasa Anggur yang Disimpan Setahun di Luar Angkasa? Ada Sensasi Terbakar dan

Rabu, 24 Maret 2021 | 22:05 WIB
bagaimana-rasa-anggur-yang-disimpan-setahun-di-luar-angkasa-ada-sensasi-terbakar-dan
Presiden Institut Penelitian Anggur dan Tanaman Anggur Philippe Darriet menunjukkan sebotol anggur merah Chateau Petrus Pomerol yang telah mengorbit Bumi selama setahun di Villenave-d'Ornon, Prancis. Foto diambil pada 1 Maret 2021. (Sumber: AP Photo / Christophe Ena)

BORDEAUX, KOMPAS.TV – Seperti apa rasa minuman anggur yang disimpan di luar angkasa dan mengorbit Bumi selama setahun?

Para peneliti di Bordeaux, Prancis tengah menganalisa selusin botol berisi minuman anggur – juga 320 potongan tanaman anggur Merlot dan Cabernet Sauvignon – yang kembali ke Bumi pada Januari lalu setelah disimpan selama setahun dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Mereka mengumumkan kesan awal mereka pada Rabu (24/3/2021): terutama bahwa kondisi nol gravitasi ternyata tidak merusak anggur, dan tampaknya justru memberi energi pada tanaman merambat itu.

Pihak penyelenggara menyebut, eksperimen ini merupakan bagian dari upaya jangka panjang untuk membuat tanaman di Bumi lebih tahan terhadap perubahan iklim dan penyakit dengan memaparkan mereka pada kondisi stres yang baru.

Juga, untuk lebih memahami proses penuaan, fermentasi dan gelembung dalam anggur.

Baca Juga: Hotel Luar Angkasa Pertama di Dunia akan Dibuka Pada 2027, Siap Menjajal?

Pada awal bulan ini, sebanyak 12 spesialis pencicip anggur mengetes sebotol anggur yang telah melalui perjalanan mengorbit bumi di luar angkasa, dan membandingkannya dengan anggur serupa yang disimpan di ruang bawah tanah.

Saat botol-botol anggur Chateau Petrus Pomerol yang masing-masing bernilai 5.000 Euro (atau setara dengan Rp 85 juta) dibuka dengan sebuah perangkat bertekanan khusus di Institut Penelitian Anggur dan Tanaman Anggur di Bordeaux, para pencicip pun dengan khusyuk mengendus, menatap dan akhirnya, menyesap cairan berharga itu.

Presiden Institut Penelitian Anggur dan Tanaman Anggur Philippe Darriet menuangkan anggur yang telah mengorbit Bumi selama setahun di Villenave-d'Ornon, Prancis. Foto diambil pada 1 Maret 2021. (Sumber: AP Photo / Christophe Ena)

“Saya meneteskan air mata,” aku Nicolas Gaume, CEO dan salah satu pendiri perusahaan Space Cargo Unlimited yang menggelar eksperimen tersebut seperti dilansir dari The Associated Press.

Baca Juga: Bangun Bahtera Luar Angkasa, Ilmuwan Rencanakan Kirim 6 Juta Sperma ke Bulan

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19