Kompas TV internasional kompas dunia

Infeksi Virus Melonjak, PM Belanda Perpanjang Lockdown Selama Tiga Minggu

Rabu, 24 Maret 2021 | 03:30 WIB
infeksi-virus-melonjak-pm-belanda-perpanjang-lockdown-selama-tiga-minggu
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (Sumber: Associated Press)

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Belanda sementara Mark Rutte mengatakan bahwa infeksi virus corona meningkat dengan cepat di Belanda, Selasa (23/3/2021). Hal ini membuat ia memutuskan untuk memperpanjang lockdown selama tiga minggu lagi.

"Itu adalah kenyataan yang mengkhawatirkan dan menjadi alasan mengapa saat ini kami tidak dapat membatalkan tindakan apa pun. Ini berarti bahwa kami akan memperpanjang lockdown selama tiga minggu, hingga Selasa, 20 April,” ujar Rutte seperti dikutip dari the Associated Press.

Dua minggu lalu, menjelang pemilihan umum yang dimenangkan partainya, Rutte menawarkan harapan kepada warganya bahwa titik kritis sudah terlewati ketika vaksinasi sudah menyebar luas.

Baca Juga: Warga Belanda Protes Jam Malam, Pusat Tes Covid-19 Dibakar Massa

Namun setelah itu, tingkat infeksi malah melonjak, sehingga jumlah pasien di rumah sakit meningkat di Belanda dan di seluruh Eropa.

"Saya mengerti ini mengecewakan. Saya memahami ketidaksabaran, dan kami melihat keresahan di masyarakat, tetapi pada saat yang sama, secara lokal, saya melihat upaya besar dari walikota untuk menjaga ketertiban. Ini penting bagi kita semua dan itu adalah tanggung jawab kita semua. Kita harus melakukan ini bersama," ujarnya.

Sebagai bagian dari kebijakan lockdown, tempat-tempat pertemuan umum seperti bar dan restoran telah ditutup sejak pertengahan Oktober di Belanda. Rutte juga mendesak warganya untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:13
PEMERINTAH KOREA SELATAN TARGETKAN 70 PERSEN POPULASI SUDAH DIVAKSINASI SEPTEMBER MENDATANG   TIM GRESINI RACING RESMI GANDENG DUCATI DI MOTOGP MUSIM DEPAN DENGAN DURASI KONTRAK DUA TAHUN   TIM MERCEDES AMG F1 BERHARAP TAMPIL DOMINAN DI SIRKUIT PAUL RICARD AKHIR PEKAN INI   UKRAINA BUNGKAM MACEDONIA UTARA DENGAN SKOR 2-1 DI LAGA LANJUTAN GRUP C PIALA EROPA 2020   PERTANDINGAN DENMARK KONTRA BELGIA AKAN DILAKUKAN PENGHORMATAN UNTUK CHRISTIAN ERIKSEN PADA MENIT KE-10   PERSATUAN SEPAK BOLA DENMARK UMUMKAN GELANDANGNYA, CHRISTIAN ERIKSEN, AKAN DIPASANG ALAT PACU JANTUNG   PETENIS RAFAEL NADAL MUNDUR DARI WIMBLEDON DAN OLIMPIADE TOKYO KARENA ALASAN KESEHATAN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE SEBUT WILAYAHNYA DALAM KONDISI DARURAT KARENA RS RUJUKAN KORONA TERISI 74 PERSEN   WALI KOTA TANGSEL BENYAMIN DAVNIE: BELAJAR TATAP MUKA KEMUNGKINAN BESAR DITUNDA KARENA LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT TANGERANG AKAN GUNAKAN RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL MILIK DINSOS JADI RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)   PEMPROV JATENG TAMBAH RSJD DR AMINO GONDOHUTOMO, SEMARANG, DAN RSUD KELET, JEPARA, SEBAGAI RS RUJUKAN COVID-19   PEMERINTAH BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK UMUM DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH KEPADA MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PERKENALKAN GEOPARK RAMANG RAMANG LEWAT SIARAN LANGSUNG DI MEDIA SOSIAL DAN KE LUAR NEGERI