Kompas TV nasional hukum

Ustaz Gondrong Pengganda Uang: dari Viral, KTP Palsu, hingga Tersangka Persetubuhan Anak

Rabu, 24 Maret 2021 | 06:05 WIB
ustaz-gondrong-pengganda-uang-dari-viral-ktp-palsu-hingga-tersangka-persetubuhan-anak
Hermawan alias Ustaz Gondrong pengganda uang yang videonya viral dihadirkan dalam konferensi pers di Lobbi Polres Metro Bekasi, pada Selasa (23/3/2021). (Sumber: WartaKota/Muhammad Azzam)

BEKASI, KOMPAS.TV - Kapolres Metro Bekasi, Jawa Barat, Kombes Hendra Gunawan mengungkap kronologi kasus Hermawan alias 'Ustaz Gondrong', yang mengaku bisa menggandakan uang.

Menurut Hendra, kasus tersebut bermula dari viralnya video penggandaan uang yang viral di media sosial (medsos).

Video tersebut direkam oleh istri Hermawan berinisial N pada 4 Maret 2021. Video yang juga direkam di rumah kediaman istri pelaku ini lantas viral dua minggu setelahnya, yakni pada 18 Maret 2021.

Baca Juga: Soal Gelar Ustaz Gondrong Pelaku Penggandaan Uang, Polisi: Hanya Tahu Surat Fatihah

"Kemudian dari viralnya video itu muncul keresahan masyarakat. Banyak warga yang bertanya kepada kami pihak kepolisian untuk menindaklannjuti viralnya video itu. Karena diketahui bersama, beberapa kali kasus-kasus penggandaan uang yang modusnya sama seperti itu adalah penipuan," ujar Hendra Gunawan kepada Jurnalis KOMPAS TV Akbar Prabowo, Selasa (23/3/2021).

Selanjutnya polisi melakukan penyelidukan atas laporan masyarakat tersebut dengan penerapan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan.

"Kita datangi yang bersangkutan, kita klarifikasi, kita masih lakukan pendalaman-pendalaman terhadap kasus penipuan tersebut," jelas Hendra.

Penulis : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:06
GIRI SUPRAPDIONO: SETIDAKNYA ADA SKENARIO PELEMAHAN KPK DENGAN TWK, YAITU JANGKA PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG   DIREKTUR SOSIALISASI & KAMPANYE ANTIKORUPSI KPK GIRI SUPRAPDIONO MENILAI TWK MERUPAKAN SKENARIO PELEMAHAN KPK   JADI KOORDINATOR PUNGLI, SUPERVISOR OPERATOR CRANE DI JICT PELABUHAN TANJUNG PRIOK DITANGKAP POLISI   PBNU: WACANA PEMERINTAH SOAL PENGENAAN PPN UNTUK PENDIDIKAN DAN SEMBAKO TIDAK TEPAT   KEMENLU PASTIKAN WNI YANG TINGGAL ATAU BERMUKIM DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKUKAN IBADAH HAJI   KEPALA BIDANG UMRAH AMPHURI ZAKY ZAKARIA MENILAI KEPUTUSAN ARAB SAUDI SOAL IBADAH HAJI 2021 SUDAH SANGAT TEPAT    PEMERINTAH ARAB SAUDI PERTIMBANGKAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN JEMAAH DALAM MENGGELAR IBADAH HAJI   KEMENLU PASTIKAN IBADAH HAJI 2021 HANYA DIBUKA UNTUK DOMESTIK ATAU ORANG-ORANG YANG TINGGAL DI ARAB SAUDI   TINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI, PANGLIMA TNI INGATKAN PETUGAS HARUS PAHAM TUGAS PENGENDALIAN COVID-19    PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19 DI BANGKALAN, JAWA TIMUR    UJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN UNTUK TINGKATKAN LEVEL KESELAMATAN & KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA TRANSJAKARTA    SOPIR BUS TRANSJAKARTA RENCANANNYA AKAN DIUJI KOMPETENSI SETIAP TAHUN    PEMERINTAH TARGETKAN 40.349.049 ORANG YANG MENJADI SASARAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA    HINGGA 12 JUNI 2021, JUMLAH ORANG YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI INDONESIA MENCAPAI 11.559.138