Kompas TV internasional kompas dunia

Dinilai Korbankan Muslim Uighur, Airbnb Diminta Batalkan Sponsor Pada Olimpiade Beijing Tahun Depan

Selasa, 23 Maret 2021 | 23:03 WIB
dinilai-korbankan-muslim-uighur-airbnb-diminta-batalkan-sponsor-pada-olimpiade-beijing-tahun-depan
CEO Airbnb Brian Chesky tampak dalam layar elektronik di situs pasar Nasdaq di New York, Amerika Serikat pada 10 Desember 2020. (Sumber: AP Photo / Mark Lennihan, File)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Airbnb Inc diminta koalisi 150 kelompok hak asasi manusia (HAM) untuk membatalkan kepersertaannya sebagai sponsor Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, tahun depan.

Koalisi ini dipimpin oleh kelompok-kelompok yang menentang pelanggaran HAM di China, termasuk penahanan kaum Muslim Uighur di kawasan Xinjiang.

Airbnb merupakan salah satu dari 15 sponsor utama dalam Komite Olimpiade Internasional (KOI). Sponsor-sponsor utama tersebut di antaranya termasuk perusahaan raksasa seperti Coca-Cola, Samsung, Visa, Toyota, Alibaba, Panasonic, Intel dan Procter & Gamble.

Kelompok HAM tersebut menyasar Airbnb, lantaran bisnis berbagi penginapan rumahan ini kerap mengklaim selalu menjalankan “tanggung jawab sosial” dalam praktik bisnisnya.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Presiden AS, Airbnb Akan Blokir dan Batalkan Pemesanan Kamar di Washington

Associated Press menerima surat terbuka yang dikirimkan ke CEO Airbnb Brian Chesky pada Selasa (23/3/2021). Dalam surat itu, kelompok HAM tersebut menyatakan, Airbnb tengah berupaya menggenjot pariwisata di China dengan mengorbankan kaum Uighur dan warga Tibet yang tak dapat bepergian dengan bebas di negara komunis itu.

“Airbnb juga menutup-nutupi catatan HAM China yang mengerikan dan menganggap normal apa yang dalam hukum internasional diakui sebagai lingkungan yang sangat membatasi,” begitu bunyi surat terbuka itu.

“Airbnb seharusnya tidak mendorong dan industri pariwisata yang lebih luas untuk didukung dan dibiarkan berkembang dengan mengorbankan hak-hak kaum Uighur dan Tibet.”

Seluruh 15 sponsor utama membayar KOI sekitar USD1 miliar (atau setara dengan Rp14,4 triliun) dalam bentuk uang tunai atau layanan dalam siklus Olimpiade 4 tahun terakhir yang lengkap. Airbnb mendaftar pada November 2019.

Baca Juga: Pengusaha Hotel Minta Airbnb Dibekukan

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19