Kompas TV nasional sosial

Ingin Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri? Cek Lewat SPAN PTKIN, Ini Linknya

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 21:44 WIB
ingin-masuk-perguruan-tinggi-islam-negeri-cek-lewat-span-ptkin-ini-linknya
Ilustrasi gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa untuk ikut dalam Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN 2021(Sumber: Youtube.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

SOLO, KOMPAS.TV- Gagal lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 kiranya tidak perlu khawatir.

Sebab, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyediakan bagi mereka lewat jalur lain yakni melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Pendaftaran SBMPTN ini sudah dimulai sejak 15 Maret 2021 dan berakhir 1 April 2021 nanti dan bisa dimanfaatkan calon mahasiswa untuk mendaftar politeknik maupun perguruan tinggi Islam di Indonesia (PTKIN).

Baca Juga: SNMPTN 2021, Universitas Brawijaya Malang PTN Penerima Mahasiswa Terbanyak

Nah, terdapat sejumlah perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia (PTKIN) yang dapat dipilih. Perguruan Tinggi Islam Negeri ini berada di bawah tanggung jawab Kementerian Agama.

Terdapat tiga jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam PTKIN ini, yaitu universitas Islam negeri (UIN), institut agama Islam negeri (IAIN), dan sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN). 

Ketiganya bisa diakses melalui Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN 2021 telah dibuka pendaftarannya.

Baca Juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Sudah Dibuka, Awas Calo Bergentayangan!

Melansir laman resmi span-ptkin.ac.id, Selasa (23/3/2021), Panitia Nasional membuat seleksi dengan melakukan pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) mulai semester 1 hingga semester 5.

Pemeringkatan tersebut sesuai ketentuan akreditasi sekolah sehingga siswa yang memenuhi persyaratan dapat mendaftar SPAN-PTKIN 2021.

Pendaftaran SPAN PTKIN 2021 ini tidak dipungut biaya dan seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah.

Peserta SPAN-PTKIN 2021 ini dapat diikuti oleh seluruh lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah.

Baca Juga: Ini Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Peserta jika Lulus Dalam SNMPTN 2021 Menurut Ketua LTMPT

Berikut ini syarat menjadi peserta, jadwal serta pendaftaran SPAN-PTKIN 2021:

Syarat Pendaftar SPAN-PTKIN 2021:

- Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah tahun 2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x