Kompas TV bisnis kebijakan

Kemenkeu Jamin Tunggakan Insentif Tenaga Kesehatan Cair Setelah Audit BPKP

Selasa, 23 Maret 2021 | 21:58 WIB
kemenkeu-jamin-tunggakan-insentif-tenaga-kesehatan-cair-setelah-audit-bpkp
Belasan tenaga kesehatan di RSUD dr. Pirngadi berunjuk rasa dengan membawa poster berkeliling rumah sakit menggunakan alat pelindung diri. Mereka menuntut pembayaran insentif Covid-19 yang belum diterimanya sejak bulan Mei 2020. (Sumber: istimewa via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjamin tunggakan insentif tenaga kesehatan (nakes) akan dicairkan.

Saat ini anggaran tunggakan insentif sebesar Rp1,48 triliun sedang diaudit dan diverifikasi oleh Badan Pegawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata memastikan dana tersebut sudah siap untuk dicairkan.

Karena bagian dari pembayaran insentif tenaga kesehatan periode Januari-Juni 2021 di tingkat pusat sebesar Rp5,28 triliun.

Baca Juga: Sudah 863 Nakes Meninggal, Pemerintah Masih Belum Bayar Insentif Rp1,48 Triliun

Kemenkeu juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait proses pencairan dana tersebut agar insentif bagi petugas kesehatan di Rumah Sakit rujukan pemerintah tersebut dapat dipercepat.

"Untuk tunggakan insentif tenaga kesehatan RS di bawah Kementerian Kesehatan Rp1,48 triliun saat ini sedang di-review dan verifikasi BPKP," ujar Isa Rachmatarwata dalam jumpa pers virtual APBN di Jakarta, Selasa (23/3/2021), seperti dilansir dari Antara.

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:01
KKP MELALUI BRSDM GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN CAMILAN BERBAHAN IKAN UNTUK TINGKATKAN KONSUMSI IKAN NASIONAL    MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: VARIAN DELTA BISA MENURUNKAN EFIKASI SELURUH JENIS VAKSIN COVID-19   HARI INI SEBANYAK 1.041.400 DOSIS VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA TIBA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   KORLANTAS POLRI PERLUAS POS PENYEKATAN PPKM DARURAT JADI 1.038 TITIK   DALAM 24 JAM TERAKHIR, SEBANYAK 20 PASIEN COVID-19 DI WISMA ATLET KEMAYORAN MENINGGAL DUNIA   HINGGA SAAT INI JUMLAH PASIEN YANG DIRAWAT DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN BERJUMLAH 6.191 ORANG   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.318: 4.355 SEMBUH, 215 MENINGGAL DUNIA, DAN 748 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH TERUS BERUPAYA PENUHI KEBUTUHAN OKSIGEN MEDIS YANG MELONJAK AKIBAT PENINGKATAN KASUS COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MENGAPRESIASI PT ANEKA GAS INDUSTRI YANG MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI OKSIGEN UNTUK MEDIS   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, MENAG IMBAU MASYARAKAT TAK MUDIK IDUL ADHA 2021   ANGGOTA KOMISI IX DPR ALIFUDIN NILAI PPKM DARURAT SEHARUSNYA DIEVALUASI DAHULU SEBELUM DIPERPANJANG   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEKANKAN PENTINGNYA PERAN TOKOH AGAMA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19   BANTUAN DARI UEA BERUPA 250.000 DOSIS VAKSIN SINOPHARM, 450 TABUNG OKSIGEN, DAN 150 KONSENTRATOR OKSIGEN PORTABEL   BANTUAN VAKSIN DAN ALAT KESEHATAN DARI UNI EMIRAT ARAB TIBA DI INDONESIA