Kompas TV nasional peristiwa

4 Siswa Berusia di Bawah 16 Tahun Lolos SNMPTN 2021 Unair, Ada yang Masuk Jurusan Kedokteran!

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 21:42 WIB
4-siswa-berusia-di-bawah-16-tahun-lolos-snmptn-2021-unair-ada-yang-masuk-jurusan-kedokteran
Ada 4 siswa berusia di bawah 16 tahun yang lolos SNMPTN 2021 Unair. (Sumber: Dok. Unair)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

SURABAYA, KOMPAS.TV - Universitas Airlangga Surabaya telah meloloskan 1.374 pelajar lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Di antara ribuan pelajar yang lolos, 4 orang masih berumur di bawah 16 tahun.

Melansir laman unair.ac.id, Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih menyebut nama 4 calon mahasiswa termuda dalam SNMPTN 2021 itu.

Mereka adalah Ainiyah Hasna Fadhilah, Hasna Azizah, Risqi Nabila Ramadhani, dan Anditya Azzahra.

Baca Juga: Sekolah Lupa Mengajukan, 91 Siswa Gagal Ikut SNMPTN Jalur Prestasi

"Ada empat mahasiswa termuda yang lolos dalam SNMPTN 2021 Unair. Rata-rata kelahiran tahun 2005," kata Prof Nasih.

Pelajar tertua di antara mereka adalah Anditya Azzahra yang berumur 15 tahun lebih 9 bulan. Berasal dari SMAN 1 Taman Sidoarjo, Anditya lolos menjadi mahasiswa Prodi Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi.

Kemudian, Unair juga meloloskan pelajar bernama Risqi Nabila Ramadhani. Ia berumur 15 tahun lebih 8 bulan dan telah lolos ke Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran. Risqi berasal dari SMAN 1 Ponorogo.

Remaja asal Jakarta bernama Hasna Azizah juga lolos SNMPTN 2021 Unair. Ia baru berusia 15 tahun lebih 6 bulan. Pelajar asal Internasional Islamic High School itu lolos masuk ke Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum.

Sementara, mahasiswa termuda tahun ini berasal Madiun. Perempuan bernama Ainiyah Hasna Fadhilah itu berusia 15 tahun lebih 4 bulan. Ia diterima di Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat dari MAN 2 Kota Madiun.

Nasih mengatakan, Unair terbuka bagi pelajar dari kalangan manapun asal telah memenuhi kriteria masuk. Ia mengaku, Unair murni menerima pelajar sesuai prestasi mereka.

"Sampaikan kepada kami melalui helpdesk jika ada permintaan-permintaan tertentu di luar prosedur resmi. Ini (siswa yang lolos SNMPTN 2021) murni dari prestasi para siswa," kata Nasih.

Baca Juga: Gara-gara Menangkap Mahasiswa yang Ejek Gibran, Advokat Gugat Polresta Solo

Pada SNMPTN 2021 Unair menerima total 18.154 pendaftar. Sesuai angka itu, Unair menerima 1 banding 13 pelajar dalam SNMPTN tahun ini.

Menurut Prof. Nasih, Unair menerima pelajar dari 584 sekolah. Sebagian besar pelajar, sekitar 84 persen berasal dari Jawa Timur. Lalu, 2.6 persen mahasiswa berasal dari Jawa Tengah, 2.05 persen DKI Jakarta, dan 1,9 persen Jawa Barat. 

Selain dari Jawa, ada pula pelajar dari Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kepulauan Riau.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x