Kompas TV internasional kompas dunia

Perusahaan Induk TikTok Akuisisi Pengembang Mobile Legends

Selasa, 23 Maret 2021 | 14:21 WIB
perusahaan-induk-tiktok-akuisisi-pengembang-mobile-legends
Ilustrasi Mobile Legends. (Sumber: Moonton)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Perusahaan Induk aplikasi TikTok, ByteDance Inc mengakuisisi Moonton Technology, perusahaan pengembang video game Mobile Legends.

Dikutip dari Reuters, akuisisi itu dilakukan oleh anak usaha ByteDance, Nuverse. Belum ada keterangan resmi terkait nilai akuisisi tersebut. Namun sumber Reuters mengungkapkan, nilainya mencapai US$4 miliar atau sekitar Rp57,4 triliun.

Jika nilai transaksi itu benar, akuisisi Moonton oleh ByteDance menjadi akuisisi terbesar ke-4 dalam sejarah industri game. Tiga akuisisi sebelumnya yang mencatat nilai fantastis adalah ketika Tencent mengakuisisi Supercell, ZeniMax Media oleh Microsoft, dan King oleh Activision Blizzard.

Baca Juga: Asosiasi Esport Aceh Ingin Bertanya ke Ulama Aceh, di Mana Letak Haramnya PUBG?

Moonton merupakan salah satu pengembang video game terbesar di Asia Tenggara, Game Mobile Legends yang telah melampaui 1 miliar unduhan pada November 2020.

Selain meraup sukses lewat Mobile Legends, Moonton merilis sejumlah game lainnya. Seperti Magic Rush: Heroes, Mobile Legends: Adventure, dan Sweet Crossing: Snake.io.

Moonton didirikan oleh mantan karyawan Tencent, Xu Zhenhua. Pada 2018, ia diminta Tencent membayar membayar US$3 juta, sebagai kompensasi karena melanggar klausul anti persaingan dalam kontraknya.

Baca Juga: Esports Indonesia Menuai Prestasi, Begini Kata Sandiaga

Tencent juga menggugat Moonton di pengadilan di Shenzhen, China. Mobile Legends buatan Moonton dituduh melanggar hak kekayaan intelektual game buatan Tencent. Yaitu Honor of Kings dan League of Legends.

Akuisisi ini akan meningkatkan daya saing ByteDance dalam bisnis video game dengan Tencent, perusahaan game dan media sosial terbesar di China. Akuisisi juga bisa menjadi langkah awal ByteDance untuk masuk ke Esport (olahraga elektronik).

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19