Kompas TV olahraga kompas sport

Patrich Wanggai jadi Korban Rasisme Usai Laga PSM Makassar vs Persija Jakarta di Piala Menpora

Kompas.tv - 23 Maret 2021, 13:25 WIB
patrich-wanggai-jadi-korban-rasisme-usai-laga-psm-makassar-vs-persija-jakarta-di-piala-menpora
Pemain PSM Makassar, Patrich Wanggai yang menjadi korban rasisme usai mengantarkan PSM Makassar mengalahkan Persija Jakarta dalam laga Piala Menpora, Senin (22/3/2021). (Sumber: Instagram @wanggaipatrich)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kemenangan PSM Makassar 2-0 saat melawan Persija Jakarta dalam laga Piala Menpora 2021, Senin (22/3/2021) malam tampaknya tidak bisa diterima oleh sejumlah suporter.

Patrich Wanggai yang berandil dalam kemenangan 2-0 PSM Makassar dengan mencetak satu gol mendapat serangan rasis dari suporter.

Ujaran kebencian dan rasis tersebut dilontarkan di kolom komentar akun Instagram Wanggai @wanggaipatrich.

Kasus rasisme ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @medioclubID dengan menyertakan tangkapan layar dari berbagai ujaran rasis yang ditujukan Patrich Wanggai.

Baca Juga: Dituding Rasis Usai Gambar Kartu BTS dengan Wajah Babak Belur, Topps Company Minta Maaf

Selain Wanggai, pemain asing anyar Persija Jakarta, Yann Motta, juga tak luput dari kritik keras oleh sejumlah suporter.

Banyaknya ujaran kebencian entah rasis atau hinaan yang didapat para pemain PSM Makassar atau pun Persija Jakarta, turut dikomentari pemain naturalisasi Indonesia asal Belanda, Marc Klok.

Ia mengatakan jijik dengan rasisme yang terjadi dan harus segera ada perubahan.

Baca Juga: Viral Pria Korea Selatan Rasis, Sebut Wanita Indonesia Jelek dan Orang Korsel di Atas Indonesia

“Menjijikkan dengan apa yang terjadi pada Patrich Wanggai di media sosial. Saya menentang rasisme. Tidak masalah jika Anda adalah pemain PSM atau Persija,” tulis Klok.

“Siapapun itu, tidak boleh menjadi bagian dari permainan ini. Sesuatu perlu diubah dan perlu diubah SEKARANG!”

PSM Makassar yang mengetahui pemainnya yang mendapat tindakan rasisme juga ikut mengecam tindakan tersebut.

Melalui pernyataan yang ditandatangani CEO PSM Makassar Munafri Ariffuddin itu , PSM Makassar meminta federasi untuk bertindak.

Baca Juga: Pangeran William Angkat Bicara dan Tegaskan Keluarga Kerajaan Inggris Sangat Tidak Rasis

“Kami sangat menyayangkan adanya tindakan rasisme tersebut dan kami, dalam kesempatan kali ini, dengan tegas menyatakan berdiri bersama Patrich Wanggai, dengan semangat yang sama & menentang apapun bentuk rasisme dalam sepakbola Indonesia yang sama-sama kita cintai,” tulis PSM Makassar dalam rilis tersebut.

“Sikap kami ini tak lain adalah untuk mencoba berkontribusi untuk kemajuan sepakbola Indonesia, semoga federasi sepakbola nasional (PSSI) segera merespon hal ini demi terciptanya kondisi saling menghormati bagi siapapun.”

Dukungan untuk Patrich Wanggai juga datang dari berbagai tim Liga 1 yang juga ikut berkompetisi di Piala Menpora 2021.

Teranyar, setelah banyak pihak yang mengecam tindakan rasis oleh sejumlah suporter, para pelaku rasis tersebut langsung meminta maaf kepada Patrich Wanggai melalui kolom komentar maupun melalui video langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x