Kompas TV nasional sapa indonesia

Bantu Warga Bali, TNI Pasang Pompa Hidram untuk Atasi Krisis Air Bersih

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 19:46 WIB

KOMPAS.TV - Air merupakan salah satu kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi saat musim kemarau air sulit untuk didapatkan seperti yang dirasakan ratusan warga di Banjar Dinas Abiantihing Desa Jungutan, Kabupaten Karangasem, Bali.

Mereka harus bertahun-tahun membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengantisipasi hal ini, anggota TNI membantu warga untuk mendapatkan air dari sumber mata air yang ada dengan menggunakan pompa hidram dengan cara memanfaatkan gravitasi beda tinggi antara sumber mata air dengan pompa, sehingga tidak lagi menggunakan listrik, maupun bahan bakar minyak.

Nantinya air itu akan terangkat sepanjang satu kilometer sekaligus bisa dialirkan ke masing-masing rumah warga, sehingga nantinya warga tidak lagi kesulitan air bersih saat musim kemarau.

Warga pun merasa sangat terbantu dengan adanya pompa hidram ini. Karena masih ada warga yang belum bisa mendapatkan air, sehingga di setiap musim hujan ataupun kemarau tetap kekurangan air bersih, karena lokasi tempat tinggalnya berada di dataran tinggi, dan tidak ada sumber mata air.

Selain di Desa Jungutan, pemasangan pompa hidram juga akan dilakukan disejumlah desa di Kabupaten Karangasem, yang selama ini masih kesulitan air bersih saat musim kemarau.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x