Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Waspada Penipuan Sewa Genset Mengatasnamakan PLN!

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 17:51 WIB
waspada-penipuan-sewa-genset-mengatasnamakan-pln
Petugas PLN sedang memeriksa meteran listrik. (Sumber: Instagram/@pln_id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- PLN meminta masyarakat untuk berhati-hati dengen penipuan penyewaan genset yang mengatasnamakan PLN. Dikutip dari laman instagram layanan pengaduan @pln123_official, PLN menegaskan tidak pernah menyewakan atau memperjualbelikan genset.

"#Electrizen, kalau ada yang menawarkan jasa penyewaan genset dengan membawa surat berisi informasi pemadaman di wilayah tertentu, jangan percaya, ya. Mimin jamin itu HOAX alias PENIPUAN berkedok PLN," tulis akun tersebut yang dikutip Senin (23/03/2021).

Baca Juga: Tambah Daya Listrik PLN Cuma Rp 200.000

Biasanya, warga yang tidak mau terkena pemadaman listrik akan tertarik menyewa genset meski dengan harga yang sangat mahal.

"Jika ada informasi pemadaman dari PLN, akan disampaikan melalui surat atau dokumen resmi kepada pemuka warga di wilayah yang terdampak," lanjut akun tersebut.

PLN pun memberi tips agar masyarakat bisa terhindar dari penipuan penyewaan genset. Pertama, masyarakat harus bersikap waspada dan hati-hati, jangan langsung percaya jika ada yang mengaku petugas PLN.

Baca Juga: Mulai April, Tarif Listrik untuk 2 Golongan Ini Tak Lagi Gratis

Kedua, selalu cek surat tugas, tanda pengenal, tanyakan NIP dan nomor HP petugas. Kemudian, jangan melakukan transaksi di tempat karena semua transaksi PLN kini dilakukan secara nontunai. Serta, menggunakan rekening atas nama PLN bukan pribadi atau perusahaan lainnya.

Masyarakat juga bisa mengecek kebenaran terkait pemadaman ke contact center PLN 123 atau ke kantor PLN terdekat. Terakhir, warga bisa melapor kepada pihak kepolisian dengan disertai bukti otentik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x