Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Putus Hubungan Diplomatik dengan Malaysia, Kenapa?

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 10:05 WIB
Penulis : Laura Elvina

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Korea Utara memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Hal ini disampaikan Kementerian Luar Negeri Korea Utara melalui KCNA, pada Jumat 919/3/2021).

Keputusan ini adalah buntut dari tidak terimanya pemerintah Korea Utara atas putusan Pengadilan Malaysia, yang mengabulkan permohonan ekstradisi seorang warga Korea Utara ke Amerika Serikat.

"Pada 17 Maret, pihak berwenang Malaysia melakukan kejahatan yang tidak dapat diampuni. Mereka dengan secara paksa mengirimkan warga negara yang tidak bersalah (Korea Utara) ke Amerika Serikat," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari KCNA, Jumat (19/3).

"Karena itu, Kementerian Luar Negeri Korea Utara dengan ini mengumumkan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia," tambah pernyataan itu.

Selain pemutusan hubungan diplomatik, Korea Utara juga mengecam dan menyebut langkah Malaysia sebagai bentuk permusuhan terhadap Pyongyang.

Mun Chol Myong, warga Korut yang diekstradisi ke "Negeri Paman Sam", menghadapi tuduhan pencucian uang karena diduga mengekspor barang terlarang ke Korea Utara dan itu melanggar sanksi.

Setelah Pyongyang memutuskan hubungan, Malaysia memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Korea Utara untuk meninggalkan "Negeri Jiran".

Video editor: Febi

Baca Juga: Media Korut Kecam K-Pop, Sebut BTS dan Blackpink 'Diperlakukan sebagai Budak'



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x