Kompas TV video cerita indonesia

Hotman Paris: Di Amerika Hakim Bisa Langsung Tahan Terdakwa yang Tinggalkan Sidang

Kompas.tv - 21 Maret 2021, 13:07 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara kondang Hotman Paris menyoroti salah satu isu hukum terkini. Salah satunya mengenai adanya orang yang meninggalkan persidangan dan melawan perintah hakim.

"Satu lagi kalau orang meninggalkan sidang, melawan perintah hakim kenapa di Indonesia belum ada Contempt of Court seperti undang-undang di Amerika," ujar Hotman Paris di akun Instagramnya (20/3/2021).

Menurutnya, di Amerika hakim dapat langsung menahan terdakwa jika meninggalkan sidang.

"Kalau di Amerika hakim berhak langsung memerintahkan pengunjung atau terdakwa ditahan tanpa penyelidikan lagi," lanjut Hotman.

Hal ini disampaikan Hotman saat hendak ingin bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD di Kedai Kopi Johny, Kelapa Gading pada Sabtu (20/3/2021) pagi.

Selain membahas hal tersebut, Hotman Paris juga menyampaikan pandangannya kepada Mahfud MD soal penerapan salah satu pasal 27 ayat 3 di UU ITE. Hotman pun telah menyampaikan surat kepada Presiden Jokowi, Menko Polhukam Mahfud MD, dan kepada Komisi III DPR RI.

Video Editor: Agung Ramdhani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.