Kompas TV regional kesehatan

Hindari Radang Usus - AYO SEHAT

Kompas.tv - 19 Maret 2021, 20:42 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sobat sehat, pada episode yang telah lalu, kita pernah membahas terkait kesehatan gigi. Hal ini penting, karena dari mulut dan gigi, pertama kali asupan makanan yang kita butuhkan, dihancurkan. Lalu setelah melalui mulut dan gigi, makanan kemudian turun kedalam usus.

Selain mulut dan gigi, usus juga merupakan organ terpenting,  dalam menyerap nutrisi dari makanan. Salah satu keluhan yang kerap dialami masyarakat, adalah radang usus.

Baca Juga: Mengenal Hipertensi Dan Cara Mencegahnya | AYO SEHAT

Dan saat radang usus ini terjadi, tentunya akan mengganggu sistem pencernaan, hingga menyebabkan kurang maksimalnya penyerapan dari makanan yang sobat sehat konsumsi .

Lalu bagaimana cara merawat usus agar terhindar dari kerusakan. Berikut informasinya untuk anda.

Inflammantory bowel desease, atau yang kita kenal dengan radang usus, umumnya diduga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh. Beberapa hal lain yang menyebabkan radang usus terjadi, biasanya dipicu dari faktor pola hidup , seperti merokok. Selain pola hidup pemicu lainnya adalah lingkungan, dan seringnya mengkonsumsi obat anti flamasi nonsteroid.

Baca Juga: Waspada Pembengkakan Jantung - AYO SEHAT

Walau gejala radang usus bervariasai, namun pada umumnya gejala radang usus muncul, diawali dengan keluhan pada pencernaan bagian dalam .

Diantaranya adalah, munculnya rasa nyeri di perut, hingga menyebabkan keram perut.  Lalu perut terasa kembung, hingga hilangnya nafsu makan. Berat badan menurun, hingga bab yang disertai dengan darah .

Apabila gejala yang ditimbulkan sudah mulai dirasakan, baiknya sobat sehat segera periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan diagnosa yang lebih pasti, agar terhindar dari komplikasi serius yang dialami oleh usus.

Lalu , bagaimana caranya agar kita dapat mencegah terjadinya radang usus.

Baca Juga: Kenali Gejala Radang Sendi “Osteoarthritis” | AYO SEHAT

Mengutip dari laman halo dok dot kom, ada beberapa hal yang perlu sobat sehat lakukan .

Yang pertama adalah dengan menghindari kondisi stres. Lalu hindari makanan yang tinggi lemak, makanan pedas atau minuman mengandung kafein. Hindari merokok. Rajin mencuci tangan .

Menjaga kebersihan makanan, dan mengelola dengan baik kondisi penyakit bagi pengidap diabetes, darah tinggi dan kolesterol.

Baca Juga: Ayo Sehat – Wajah Sehat di Balik Masker

Lalu bagaimana cara mengobati radang usus, apabila penykit ini sudah terjadi. Sobat sehat dapat temukan jawabannya, di  ayo sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.