Kompas TV nasional peristiwa

Kesaksian Dokter di Persidangan: Aprilia Manganang Alami Hipospadia Tipe Berat

Jumat, 19 Maret 2021 | 10:20 WIB
kesaksian-dokter-di-persidangan-aprilia-manganang-alami-hipospadia-tipe-berat
Aprilia Manganang mengangkat tropi juara Liga Voli Indonesia saat masih aktif sebagai atlet voli. (Sumber: akun Instagram @apriliamanganang_)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam sidang perdata perubahan nama dan kelamin Aprilia Manganang, disebutkan bahwa dirinya mengalami hipospadia tipe berat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Guntoro, yang merupakan dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dari RSPAD.

Dokter  Guntoro menjelaskan, Aprilia Manganang mengalami kelainan bawaan, yaitu hipospadia tipe berat yang disebut sebagai hipospadia skrotalis.

“Hipospadia adalah kelainan anatomis bawaan lahir yang diderita anak laki-laki. (Dalam kasus ini) saluran kencing tidak berada di posisi normal. Aprilia posisi muara saluran kencingnya di bawah kantung buah zakar, ini termasuk kategori berat,” ujar dr. Guntoro dalam persidangan yang digelar secara virtual, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Kondisi Aprilia Manganang adalah Bawaan Lahir, PBVSI Berjanji Tidak Menggugat Hak Medali

Ia mengungkapkan, pertemuan pertamanya dengan Aprilia terjadi pada 9 Februari 2021, dimana saat itu ia datang memeriksakan diri. Menurutnya, keadaan fisik Aprilia secara umum memang laki-laki, diamana dadanya bidang, pinggulnya tidak besar dan payudaranya rata.

Dalam pemeriksaan genitalia pun didapatkan penis dan kantong buah zakar.

Kemudian pemeriksaan fisik ini pun dilanjutkan dengan pemeriksaan organ dalam. Dalam pemeriksaan organ dalam yang dilakukan dengan MRI, diketahui Aprilia tidak memiliki rahim dan indung telur.

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:36
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   KOMPLEKS KUIL ANGKOR DI KAMBOJA DITUTUP SEMENTARA HINGGA 20 APRIL 2021 UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   VAKSINASI WARGA LANSIA DI REMBANG, JATENG, BERLANGSUNG PUKUL 08.00-11.00 WIB SELAMA RAMADAN   POLDA KALIMANTAN SELATAN KERAHKAN 300 PERSONEL DI PERBATASAN DAN PELABUHAN UNTUK CEGAH PEMUDIK   PAGU ANGGARAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES SEBESAR RP 27,1 MILIAR   PEMBANGUNAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES, NTT, TERUS BERJALAN MESKI CUACA EKSTREM   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI SEBUT TIDAK ADA LAGI LOKASI TERDAMPAK BENCANA YANG TERISOLASI   WAGUB JOSEF NAE SOI: 70% LISTRIK DI WILAYAH TERDAMPAK BENCANA DI NTT SUDAH KEMBALI MENYALA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI: 178 ORANG MENINGGAL DAN 47 ORANG HILANG AKIBAT BENCANA DI NTT   PEMKOT YOGYAKARTA HENTIKAN BANTUAN MAKANAN BAGI PASIEN COVID-19 ISOLASI MANDIRI KARENA ANGGARAN TIDAK CUKUP   BPBD LUMAJANG, JATIM: ADA 6 WARGA LUMAJANG YANG MENJADI KORBAN MENINGGAL AKIBAT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   MENKEU PERPANJANG DISKON LISTRIK GOLONGAN INDUSTRI, BISNIS, & SOSIAL SEBAGAI BAGIAN PEN 2021   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TANGKAP 5 KAPAL VIETNAM DI LAUT NATUNA YANG MENCURI CUMI-CUMI   KEMENDAGRI CABUT HAK AKSES DATA KEPENDUDUKAN 153 LEMBAGA KARENA MELANGGAR PENJANJIAN KERJA SAMA