Kompas TV regional peristiwa

Bongkar Handphone Ferry Elas, Polisi Tangkap Anggota KKB Penembak Mobil Brimob dan Bus Freeport

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 08:02 WIB
bongkar-handphone-ferry-elas-polisi-tangkap-anggota-kkb-penembak-mobil-brimob-dan-bus-freeport
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata didampingi Dandim 1710/ Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya saat menunjukan foto Ferry Ellas yang merupakan Danton KKB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak, ketika menggelar konfrensi pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Selasa (2/3/2021). (Sumber: IRSUL PANCA ADITRA/KOMPAS.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

MIMIKA, KOMPAS TV - Sebanyak empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ditangkap polisi saat menumpang Toyota Avanza di Jalan Trans Papua Mimika-Nabire pada Sabtu, 13 Maret 2021.

Selain menangkap 4 anggota KKB, aparat juga mengamankan sejumlah barang bukti antara lain berupa empat buah handphone dan dokumen-dokumen TPNPB-OPM.

Baca Juga: Anggota KKB Ditangkap Petugas Gabungan Saat Akan Suplai Makanan untuk Pimpinan KKB

Dari empat anggota KKB yang ditangkap, seorang di antaranya pernah terlibat dalam penembakan mobil milik Korps Brigade Mobil (Brimob).

Juga bus milik PT Freeport Indonesia. Kejadian penembakan yang dilakukan oleh seorang anggota KKB itu terjadi pada Maret 2020.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan seorang anggota KKB yang melakukan penembakan tersebut bernama Tar Jangkup alias Ter.

Baca Juga: Kasus Susi Air Disandera KKB, Komisi I DPR Dorong TNI-Polri Perketat Ruang Publik di Papua

"Salah satunya, yakni Ter Jangkup alias Ter merupakan pelaku penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus Iveco milik PT Freeport di Utikini Lama Distrik Tembagapura yang terjadi pada 8 Maret 2020," kata Ahamd Ramadhan melalui keterangan resminya pada Rabu (17/3/2021).

Ahmad menjelaskan, terbongkarnya rekam jejak Ter Jangkup berdasarkan ponsel milik tersangka yang diperiksa kepolisian saat ditangkap.

Dari hasil pemeriksaan, diperoleh beberapa foto saat aksi penembakan itu terjadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x