Kompas TV religi beranda islami

Menyiapkan Bekal Akhirat Jangan Asal

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 07:07 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita sikap yang benar dalam kehidupan di dunia dalam sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam“Jadilah kamu di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan.” (HR. Al Bukhari no. 6053)

Hadits diatas merupakan bimbingan bagi orang yang beriman tentang bagaimana seharusnya seseorang menempatkan dirinya dalam kehidupan di dunia. Karena orang asing (perantau) atau orang yang sedang melakukan perjalanan adalah orang yang hanya tinggal sementara dan tidak terikat hatinya kepada tempat persinggahannya, serta terus merindukan untuk kembali ke kampung halamannya.

Maka, seseorang harus memiliki pengetahuan dan ilmu mengenai bekal apa saja yang benar dan harus dipersiapkan dalam mengarungi perjalanan panjang ini kelak.  

Seorang mukmin tidak hidup terlalu muluk serta panjang angan dalam menjalani kehidupan dunia ini, sebab mereka tahu “barangsiapa yang hidup di dunia seperti orang asing, maka dia tidak punya keinginan kecuali mempersiapkan bekal yang bermanfaat baginya ketika kembali ke kampung halamannya (akhirat), sehingga dia tidak berambisi dan berlomba bersama orang-orang yang mengejar dunia dalam kemewahan (dunia yang mereka cari), karena keadaanya seperti seorang perantau, sebagaimana dia tidak merasa risau dengan kemiskinan dan rendahnya kedudukannya di kalangan mereka.” (Ibnu Rajab, Jaami’ul ‘Uluumi Wal Hikam. hal. 461).

Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu mengatakan: “Jika kamu (berada) di waktu sore maka janganlah tunggu datangnya waktu pagi, dan jika kamu (berada) di waktu pagi maka janganlah tunggu datangnya waktu sore, serta gunakanlah masa sehatmu (dengan memperbanyak amal shaleh sebelum datang) masa sakitmu, dan masa hidupmu (sebelum) kematian (menjemputmu).” (Imam Al Bukhari dalam kitab Shahihul Bukhari, no. 6053).

Wallahu'alam bis shawab

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.