Kompas TV internasional kompas dunia

Termahal di Dunia, 1 Pon Madu Turki Ini Berharga Rp 78 Juta

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 10:43 WIB
termahal-di-dunia-1-pon-madu-turki-ini-berharga-rp-78-juta
Sebotol madu dari Centauri Honey yang dipanen dari ketinggian 2,500 meter di atas laut. (Sumber: Guinness World Record)
Penulis : Danang Suryo

SOLO, KOMPAS.TV - Perusahaan Centauri Honey dikabarkan menjual madu ekslusif termahal di dunia yang dipanen dari gua. Varietas seharga Rp 78 juta per ponnya tersebut diakui oleh Guinnes Worlds Records.

Produk madu berwarna gelap yang rasanya dikatakan pahit ini dihargai dengan harga fantastis karena khasiatnya. Memiliki nilai obat yang baik, madu ini juga tinggi magnesium, kalium, fenol, flavonoid, dan antioksidan.

Baca Juga: Manisnya Keuntungan Budidaya Madu Liar, Panen 20 Ton Tiap Bulan!

Dipanen dari gua yang berada pada ketinggian 2,500 meter di atas laut, koloni lebah yang memroduksi madu ini jauh dari tempat tinggal manusia.

Waktu panen madu ini terbilang lama. Dibanding madu komersial yang bisa dipanen sebanyak tiga kali dalam setahun, Centauri mengatakan madu mereka hanya dapat dipanen setahun sekali.

"Panen dilakukan untuk memastikan lebah yang membuat nektar tidak terganggu," terangnya, melansir UPI, Selasa (16/03/2021).

Baca Juga: Budidaya Madu Lebah Klanceng Bumbung Bambu, Pembeli Bisa Menikmati di Sarangnya

Selain itu untuk memastikan kualitas terbaiknya Centauri mengirim sampel madu mereka ke institut makanan Turki.

"Madu asli tidak bisa dijual di pasar dan toko. Lebah tidak pernah bisa membuat berton-ton madu untuk konsumsi manusia secara alami. Ada yang bilang itu madu yang mahal, saya menyebutnya harta dunia," ujar Ahmet Eren Cakir, pendiri Centauri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x