Kompas TV nasional berkas kompas

Gagal Dapat Sertifikat Gratis, Tanah Warga Tersandera Mafia? - BERKAS KOMPAS (2)

Rabu, 17 Maret 2021 | 07:57 WIB

KOMPASTV - Karut marut perkara pertanahan masih menjadi wajah buram negeri ini. Mafia tanah dituding jadi musabab. Sejumlah warga di Kab. Tangerang, Banten, menduga tanahnya diserobot ketika pengajuan pembuatan sertifikat tanah ditolak dan menemukan lahan mereka terdaftar atas nama orang lain.

Baca Juga: Polisi: Komplotan Mafia Tanah Sudah Beraksi Sejak 2019

Selain itu, ratusan warga di Jl. Kirai, Kebayoran Baru, pun menghadapi perkara sama. Pengajuan program sertifikat tanah gratis dari pemerintah ditolak karena lahan mereka disebut telah bersertifikat atas nama sebuah perusahaan. 

Baca Juga: Dino Patti Djalal Apresiasi Pemerintah Terkait Penangkapan Mafia Tanah

Negara membentuk Satgas Anti-Mafia Tanah guna mengusut pihak dan oknum yang bermain di dalam sengketa tanah. Sementara itu, pemerintah pun tengah menyiapkan program sertifikat tanah elektronik yang disebut dapat mempersempit ruang gerak mafia tanah. 

 

 

Penulis : Anas Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:41
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI: RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA