Kompas TV nasional politik

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo: Moeldoko Tak Mencerminkan Kualitas, Etika, dan Moral Prajurit

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 00:40 WIB
mantan-panglima-tni-gatot-nurmantyo-moeldoko-tak-mencerminkan-kualitas-etika-dan-moral-prajurit
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (3/8/2018). (Sumber: KOMPAS.com/Andi Hartik)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, angkat bicara soal keterlibatan Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko, dalam upaya kudeta kepemimpinan di Partai Demokrat.

Menurut Gatot, keterlibatan Moeldoko dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, tidak mencerminkan kualitas seorang prajurit TNI.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Mengaku Diajak Kudeta AHY, Langsung Teringat Jasa SBY

"Saya ingin garis bawahi, apa yang beliau (Moeldoko) lakukan sama sekali tidak mencerminkan kualitas, etika, moral dan kehormatan yang dimiliki seorang prajurit," kata Gatot dikutip dari akun Instagram pribadinya pada Selasa (16/3/2021).

Menurut Gatot, sikap Moeldoko yang melakukan kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bukan representasi seorang prajurit.

Sebab, lanjut Gatot, prajurit TNI selalu memegang teguh demokrasi, serta bersikap sesuai moral dan etika.

Ketika mendengar nama Moeldoko disebut-sebut terlibat kudeta kepemimpinan di Partai Demokrat, Gatot mengaku sempat tidak percaya.

Baca Juga: Sindir Moeldoko yang Jadi Ketum Partai Demokrat Tapi Bukan Kader, Gatot Nurmantyo: Memalukan

Selain itu, Gatot juga sempat menilai tidak yakin bahwa Moeldoko akan mau menerima pinangan untuk menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat yang ditetapkan oleh KLB di Deli Serdang pada 5 Maret lalu.

"Bukan apa-apa hanya karena hampir saya tidak percaya bahwa akan kejadian dan beliau mau," kata Gatot.

"Logika berpikir saya, saya tidak menduga. Mengapa, karena beliau adalah senior saya di akademi militer, beliau juga ikut membentuk saya."

Dengan seluruh atribut sebagai prajurit TNI yang melekat, hingga ikut KLB dan terima didaulat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Gatot mengaku sangat susah menduga mantan atasan dan seniornya itu melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga: Alasan Gatot Nurmantyo Tolak Kudeta AHY: Teringat Jasa SBY

Sebelumnya, Gatot juga pernah melontarkan pernyataan terkait kisruh yang terjadi di Partai Demokrat. Gatot mengaku sempat diajak turut serta melakukan kudeta kepada AHY.

Gatot mengatakan sempat diiming-imingi bakal mendapat posisi penting di tubuh Partai Demokrat jika bersedia mengikuti KLB Demokrat di Deli Serdang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x