Kompas TV nasional politik

Menhub Bilang Tidak Larang Mudik Lebaran 2021, Satgas Covid-19: Masih Dibahas Belum Putuskan

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 23:33 WIB
menhub-bilang-tidak-larang-mudik-lebaran-2021-satgas-covid-19-masih-dibahas-belum-putuskan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satgas Covid-19 belum mengeluarkan sikap terkait kebijakan mudik pada Lebaran 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan sejauh ini kebijakan mudik lebaran 2021 masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait.

Meski masih dalam pembahasan, Satgas mengingatkan masyarakat mudik di tengah pandemi dapat memicu lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi UI Sebut Kasus Covid-19 Bisa Bertambah jika Pemerintah Tak Melarang Mudik 2021

Evaluasi Satgas, lonjakan kasus terjadi setiap adanya libur panjang. Hal ini lantaran meningkatnya mobilitas masyarakat dan mengabaikan protokol kesehatan.

Berkaca pada libur panjang Idul Fitri pada Mei 2020 lalu, angka kasus baru Covid-19 meningkat 69-93 persen yang terjadi pada Juni 2020, atau dua minggu setelah libur lebaran.

Menurut Wiku apapun keputusan pemerintah terkait mudik Lebaran, masyarakat harus disikapi secara bijaksana.

Satgas Covid-19 mengharapkan masyarakat diharapkan mengambil keputusan yang terbaik saat tradisi mudik lebaran 2021 mendatang.

"Pada prinsipnya dilarang atau tidak mudik, saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat, untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan," ujar Wiku, saat jumpa pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga: Tak Ada Larangan dari Pemerintah, Jasa Marga: Puncak Mudik Lebaran 2021 Diprediksi 11 Mei

Sebelumnya pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021, meskipun perayaan Lebaran tahun ini diperkirakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021), yang membahas sejumlah hal, salah satunya kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2021.

Menurut Budi tidak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Tak Larang Mudik Meski Tahu akan Ada Lonjakan Pemudik

Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

"Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya, saya mengajak kepada Bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri," ujar Budi Karya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x