Kompas TV regional berita daerah

Tebing di Banjarnegara Longsor Akibat Hujan Deras

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 18:05 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV - Tebing jalan setinggi kurang lebih 8 meter di Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah ini, tiba-tiba longsor dan mengancam empat rumah warga yang  ada di sekitarnya.

 

Bahkan, longsor tebing sepanjang 30 meter ini, juga menyebabkan  satu rumah mengalami kerusakan cukup berat. Sehingga, rumah yang  sedang dalam proses finishing pembangunannya ini pun nyaris ambruk. Selain itu, longsor juga membuat sejumlah tanaman milik warga seperti salak dan tanaman lainnya tertimbun material longsoran.    

 

Sejumlah petugas SAR gabungan BPBD, TNI, RAPI, dan masyarakat, bergotong-royong membuat tanggul darurat dari karung berisi pasir. Hal ini dilakukan, agar air dari atas jalan tidak langsung mengalir ke bawah tebing yang longsor.

 

Menurut pihak Desa Pagentan, longsor ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi, dan membuat tanggul drainase ini jebol, karena tak mampu menahan derasnya air yang  masuk.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.