Kompas TV regional berita daerah

Melihat dari Dekat Proses Pembuatan Badik Senjata Tradisional Lampung

Kompas.tv - 16 Maret 2021, 16:59 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Senjata tradisional kerap dijadikan barang koleksi karena keunikan, ragam, dan fungsinya.

Di Kota Bandar Lampung, ada sebuah industri rumahan yang memproduksi beragam jenis senjata tradisional Lampung, salah satunya adalah Badik.

Badik adalah pisau dengan bentuk asimetris, mata pisau Badik membengkok pada bagian ujungnya, sedangkan bagian gagang senjata ini berbentuk seperti gagang golok.

Supriyadi Maliki menjadi satu diantara banyak pembuat senjata tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.

Baca Juga: Dua Pelaku Pembuang Janin Bayi Terekam CCTV

Kecintaannya pada budaya Lampung membuat Supriyadi menjadi perajin senjata tradisional sejak 2018.

Proses pembuatan senjata juga tak sembarangan, dibutuhkan kemampuan khusus dan waktu yang lama agar dapat menghasilkan Badik yang berkualitas.

Lempengan besi baja awalnya dipanaskan di tungku api, lalu ditempa hingga membentuk hasil yang diinginkan, badik lalu diasah menggunakan alat khusus untuk menghasilkan sisi yang tajam.

Di Galeri Pusaka Lampung, miliknya yang berada di Jalan Jaga Baya II, Bandar Lampung ini tidak hanya sebagai tempat pembuatan senjata saja, namun difungsikan juga sebagai galeri yang memamerkan beragam karya senjata tradisional seperti laduk, payan, dan senjata lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu senjata tradisional ini bervariasi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tak jarang pembelinya pun datang dari luar daerah.

#SenjataTradisional #BadikLampung #PembuatanBadik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x