Kompas TV olahraga kompas sport

Darurat Covid-19, Pemberian Izin Turnamen Piala Menpora 2021 Dipersoalkan

Selasa, 16 Maret 2021 | 13:31 WIB
darurat-covid-19-pemberian-izin-turnamen-piala-menpora-2021-dipersoalkan
Menpora Zainudin Amali menyerahkan izin tertulis Polri kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Jakarta, Jumat (19/2/201). (Sumber: Kemenpora RI.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Izin pelaksanaan turnamen sepakbola Piala Menpora dianggap perlu dievaluasi lantaran status darurat pandemi Covid-19 yang belum dicabut. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta pelaksaan Piala Menpora itu dihentikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menpora, dan Satgas Covid 19.

"Sebab status Covid-19 sebagai bencana nasional belum dicabut pemerintah. Sehingga, kedaruratan kesehatan masih tetap berlaku, kendati saat ini Covid-19 sudah menurun." kata Neta dilansir dari Wartakotalive.com, Selasa (16/3/2021).

Para stakeholder disarankan untuk tidak main-main terhadap pandemi Covid-19 dengan mengizinkan dan membiarkan turnamen Piala Menpora bergulir. Neta mendasarkan pada keputusan status bencana nasional akibat Covid-19 yang diteken oleh Presiden Jokowi. Sampai kini Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan bencana non-alam penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional masih berlaku.   

Baca Juga: Drawing Piala Menpora Untungkan Persib

"Keppres itu diteken pada 13 April 2020 dan masih berlaku hingga saat ini." ujar Neta.

Ia menjelaskan, apabila kasus Covid-19 di Indonesia sudah menurun, kembali bersekolah dengan tatap muka lebih penting daripada turnamen pra-musim Piala Menpora yang menurutnya lebih banyak mudaratnya ketimbang manfaatnya.

Baca Juga: Dua Hal Ini Wajib Dilakukan Awak Tim PSS Sleman Sebelum Latihan Perdana Jelang Piala Menpora 2021

Pemberian ijin Piala Menpora pada 21 Maret-25 April mendatang dipandang aneh lantaran Covid-19 dianggap masih menyebar. Apalagi Menteri Dalam Negeri memperpanjang dan memperluas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 sampai tingkat desa dan kelurahan, tak hanya di wilayah Jawa dan Bali, tapi juga Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur.

"Sehingga menjadi aneh, kalau Kapolri memberikan izin adanya kerumunan massa dari atlet, pelatih, official tim dan masyarakat di Piala Menpora. Hal ini sangatlah bertolak belakang dengan program pemerintah yang sedang dijalankan untuk melawan covid¬19." katanya.

Baca Juga: Batal Ikut Piala Menpora 2021, Ini Alasan Utama Persipura

Neta menganggap pemberian ijin Piala Menpora bukan saja bertentangan dengan instruksi Mendagri, tapi juga aturan lain.

Bahkan, bagi pelanggar pasal ada pidana yang bisa dikenakan.

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


AIMAN

Siapa Sih, Gubernur Bakal Capres?

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:37
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19