Kompas TV entertainment sinopsis film

Mank, Kisah Kontroversi Naskah Film Terbaik Sepanjang Masa Citizen Kane

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 23:25 WIB
mank-kisah-kontroversi-naskah-film-terbaik-sepanjang-masa-citizen-kane
Poster film Mank yang bercerita tentang pembuatan naskah film terbaik sepanjang masa: Citizen Kane. (Sumber: Netflix via Kompascom)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Film terbaru garapan David Fincher berjudul Mank mengantongi nominasi terbanyak Golden Globe 2021 dan Oscar 2021. Mank bercerita tentang penulisan naskah Citizen Kane yang terkenal sebagai film terbaik sepanjang masa.

Mank adalah film drama biografi. Film ini berpusat pada perjalanan penulis naskah Herman J Mankiewicz (Gary Oldman). Ia memanggil dirinya dengan sebutan Mank.

Film ini akan menceritakan kisah Mankiewicz menggarap naskah Citizen Kane. Mankiewicz terlibat pertengkaran dengan sutradara Orson Welles atas kredit penulis skenario film Citizen Kane.

Baca Juga: Sinopsis I Care A Lot, Kisah Penipu Amoral yang Gemar Mencuri Harta Para Lansia

Selain Gary Oldman, film ini juga menampilkan Amanda Seyfried yang berperan sebagai Marion Davies, Lily Collins sebagai Rita Alexander, dan Tom Burke sebagai Orson Welles.

Berikut sinopsis film Mank yang dapat ditonton di layanan streaming Netflix.

Latar waktu Mank ada pada masa 1930-an. Saat itu, Herman J. Mankiewicz telah menyelesaikan skenario film Citizen Kane untuk sutradara Orson Welles.

Mank menggarap rancangan pertama skenario Citizen Kane itu selama lebih dari dua bulan di Kemper Campbell Ranch, California. Hasilnya, Mankiewicz mengirimkan 300 halaman naskah pada Welles.

Namun, Welles memberi banyak catatan perbaikan untuk naskah itu. Mank pun menghabiskan waktu untuk mengutak-atik naskah sesuai masukan dari Welles.

Baca Juga: Film Pendek Nyengkuyung, Persembahan Ravacana Untuk Sambut Bulan Film Nasional

Pada akhirnya, skenario menjadi sepanjang 156 halaman. Kredit film Citizen Kane tersebut berbunyi "Skenario oleh Herman J. Mankiewicz dan Orson Welles".

Saat rilis, film Citizen Kane sukses besar hingga menerima sembilan nominasi Oscar. Citizen Kane bahkan berhasil membawa pulang penghargaan kategori Best Original Screenplay atau Skenario Asli Terbaik.

Sesuai kredit film, penghargaan Skenario Asli Terbaik itu diberikan pada Herman J. Mankiewicz dan Orson Welles.

Kendati demikian, pertanyaan "Siapa yang benar-benar menulis skenario film Citizen Kane?" masih belum terjawab dengan jelas hingga kini.

Baca Juga: Golden Cinema Film Festival ke-40, Parasite Bawa Pulang Piala Film Terbaik

Inilah yang coba ditampilkan di film Mank. Naskah Citizen Kane jadi kontroversi karena beberapa pihak menganggap, hanya Herman J. Mankiewicz yang berhak atas kredit penulisannya.

David Fincher menggarap film ini berdasarkah naskah bikinan almarhum ayahnya, Jack. Para penggemar Fincher telah menunggu-nunggu karyanya setelah Gone Girl yang tayang pada 2014.

Film ini akan tampil sebagai film hitam putih untuk menyesuaikan dengan film Citizen Kane yang pertama tayang pada 1941.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x