Kompas TV nasional wawancara

Vaksinasi Covid-19 Belum Merata, Bagaimana Strategi Pemerintah?

Senin, 15 Maret 2021 | 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah terus gencar melakukan program vaksinasi Covid-19.

Hingga Juni 2021, Indonesia baru mengantongi jatah vaksin untuk 24 persen populasi penduduk.

Pemerintah menargetkan sebanyak 181 juta orang warga negara Indonesia bisa menerima vaksin Covid-19.

Sedangkan berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan per hari ini, masih 5 juta lebih warga yang sudah divaksinasi.

Pemerintah memperkirakan pemerataan vaksinasi akan mulai berjalan pada Juli 2021 saat stok vaksin kemnbali berdatangan dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga: Strategi Agar Target Vaksinasi Covid-19 untuk 181 Juta Penduduk Indonesia Tercapai

Pemerintah menargetkan satu juta warga divaksin Covid-19 per hari untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Namun seperti yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, bahwa satu juta vaksin sehari masih sulit untuk dilakukan karena stok vaksin yang terbatas.

Dalam kondisi seperti itu mampukah pemerintah selesai dalam 1 tahun untuk vaksinasi 70 persen penduduk dan bagaimana pemerataan vaksinasi Covid-19?

Simak pembahasannya bersama Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Maxi Rein Rondonuwu, Wali Kota Depok, Muhammad Idris, dan Epidemiolog UI Tri Yunis Miko.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:31
KEMENTERIAN ESDM PASTIKAN TAMBANG EMAS DI KEPULAUAN SANGIHE TIDAK MENYALAHI ATURAN   KKP BELUM BERI REKOMENDASI PEMANFAATAN WILAYAH PESISIR UNTUK KEGIATAN TAMBANG EMAS DI SANGIHE, SULUT   BNN BALI GAGALKAN PENGIRIMAN GANJA DARI WILAYAH SUMUT SEBANYAK 22 PAKET DI TERMINAL MENGWI   BATUK DAN PILEK BERSAMAAN SETELAH HADIRI HAJATAN NIKAH, 66 WARGA DESA BANTENGAN, MADIUN, POSITIF TES ANTIGEN   DISDIK KOTA TANGERANG BUKA JALUR PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) JENJANG SD   INDONESIA NARCOTIC WATCH DESAK POLRI USUT TUNTAS BANDAR NARKOBA YANG MENJUAL KEPADA KALANGAN ARTIS   PRESIDEN JOKOWI TINJAU VAKSINASI MASSAL COVID-19 DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI   SATU TAHANAN KEJAGUNG DI RUTAN SALEMBA JAKARTA POSITIF COVID-19 DAN DIRUJUK KE RS    SEBANYAK 50 RPTRA DI SELURUH JAKARTA PUSAT JADI LOKASI VAKSINASI COVID-19 WARGA 18 TAHUN KE ATAS   RS DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TAMBAH 2.000 TEMPAT TIDUR ANTISIPASI LONJAKAN PASIEN KORONA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MINTA SELURUH PERKANTORAN DI JAKARTA PERKETAT WFH 50%   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT FASKES DI JAKARTA BISA KEWALAHAN ATASI PANDEMI JIKA MASYARAKAT TAK PATUH PROKES   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI JAKARTA BARU SEBATAS UJI COBA   SATGAS COVID-19: 22 PROVINSI ALAMI KENAIKAN KASUS AKTIF KORONA