Kompas TV religi beranda islami

Bekal Menuju Akhirat

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 07:27 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Setelah kematian ada hari akhirat, hari yang diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang beriman kepada Allah ta'ala. Itulah hari pembalasan seluruh amal perbuatan manusia, hari perhitungan, hari ditampakannya semua perbuatan yang tersembunyi sewaktu di dunia, hari dimana pada waktu itu orang- orang yang melampaui batas akan berkata dengan penuh penyesalan.

“Duhai, alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini.” (Qs. Al Fajr: 24)

Maka seharusnya setiap muslim yang mementingkan keselamatan dirinya benar-benar memberikan perhatian besar dalam mempersiapkan diri dan mengumpulkan bekal untuk menghadapi hari yang kekal abadi ini. Karena pada hakikatnya, hari inilah masa depan dan hari esok manusia yang sesungguhnya, yang kedatangan hari tersebut sangat cepat seiring dengan cepat berlalunya usia manusia. Allah ta’ala berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al Hasyr: 18)

Hisab-lah dirimu saat ini sebelum kamu di-hisab (diperiksa/dihitung amal perbuatanmu pada hari kiamat), dan timbanglah dirimu saat ini sebelum amal perbuatanmu ditimbang pada hari kiamat, karena sesungguhnya akan mudah bagimu menghadapi hisab besok (hari kiamat) jika kamu selalu mengintrospeksi dirimu saat ini, dan hiasilah dirimu dengan amal shaleh untuk menghadapi (hari) yang besar ketika manusia dihadapkan kepada Allah ta’ala



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x