Kompas TV nasional peristiwa

Indonesia Segera Impor Garam

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 06:55 WIB
indonesia-segera-impor-garam
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat bertemu petani garam di Indramayu, Minggu (14/3/2021) (Sumber: twitter Sakti Wahyu Trenggono)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono memastikan Indonesia akan mengimpor garam. Kebijakan itu sudah diputuskan dalam rapat  Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi beberapa waktu lalu.


"Impor garam sudah diputuskan melalui rapat Menko (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi)," kata Menteri Trenggono saat  meninjau pabrik dan gudang garam milik rakyat di Indramayu, Jawa Barat, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga: Sempat Bertemu Bupati Sleman, Menteri Sakti Wahyu Trenggono Umumkan Kondisi Kesehatannya


Kebutuhan garam dalam negeri saat ini masih menunggu data terkait kebutuhan garam di Indonesia. Kekurangan yang ada itulah yang akan di impor. Jadi, impor garam yang dilakukan juga sesuai neraca perdagangan, sehingga kebutuhan garam dalam negeri itu bisa terpenuhi.


"Nanti misalnya kekurangannya berapa, itu baru bisa diimpor, kita menunggu itu. Karena itu sudah masuk dalam undang-undang cipta kerja," ujarnya.

Sementara di pabrik dan gudang garam milik rakyat yang dia datangi, Sakti juga  mendorong koperasi petambak garam di Indramayu untuk meningkatkan daya jual produk yang dihasilkan. "Salah satu caranya dengan menyiapkan garam dalam bentuk kemasan agar bisa langsung dijual ke pasar," katanya.

Baca Juga: Akan Evaluasi Ekspor Benih Lobster, Sakti Wahyu Trenggono: Saya Cinta Keberlanjutan Lingkungan


Kapasitas produksi pabrik yang menggunakan  washing plant ini mencapai 20 ton per hari. Sedangkan garam yang dihasilkan nilainya mencapai Rp1.800 per kilogram.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.