Kompas TV internasional kompas dunia

Republik Afrika Tengah Gelar Pemilihan Umum Putaran Kedua Untuk Pilih Anggota Parlemen

Minggu, 14 Maret 2021 | 23:58 WIB
republik-afrika-tengah-gelar-pemilihan-umum-putaran-kedua-untuk-pilih-anggota-parlemen
Penjaga perdamaian PBB Maroko berpatroli di Bangassou, Republik Afrika Tengah, Minggu 14 Februari 2021. Diperkirakan 240.000 orang telah mengungsi di negara itu sejak pertengahan Desember, menurut pekerja bantuan PBB, ketika pemberontak yang menyebut diri mereka Koalisi Patriot untuk Perubahan melancarkan serangan , menyebabkan krisis kemanusiaan di negara yang sudah tidak stabil. (Sumber: AP Photo/Adrienne Surprenant)

BANGUI, KOMPAS.TV - Republik Afrika Tengah melakukan pemilihan di tempat pemungutan suara yang dijaga ketat dalam putaran kedua pemilihan parlemen pada hari Minggu setelah gelombang kekerasan oleh kubu pemberontak merusak pemilihan bulan Desember lalu, seperti dilaporkan Daily Sabah, Minggu, (14/03/2021)

Pemungutan suara dimulai dengan lancar hanya dengan sedikit penundaan di seluruh ibu kota Bangui, kata KPU negara itu. Antrian kecil penduduk terlihat menunggu untuk memberikan suara ketika sejumlah besar polisi dan gendarmerie berdiri.

"Sejauh ini di Bangui berjalan dengan baik," kata juru bicara Komisi Pemilihan Umum Theophile Momokoama melalui telepon.

Pihak berwenang sangat ingin menghindari terulangnya kekacauan seputar pemungutan suara bulan Desember lalu ketika Presiden Faustin Archange Touadera memenangkan pemilihan, tetapi pemberontak yang menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa didukung oleh mantan Presiden François Bozize, berusaha mengambil kendali atas tuduhan kecurangan pemungutan suara.

Baca Juga: Presiden Republik Afrika Tengah, Faustin Touadera, Terpilih Kembali Untuk Masa Jabatan Kedua

Para pemberontak mengepung ibu kota Bangui pada Januari kemarin, mencekik pasokan makanan, memaksa lebih dari 200.000 mengungsi dari rumah mereka dan meningkatkan kekhawatiran negara itu tergelincir kembali ke dalam konflik sektarian yang telah menewaskan ribuan orang selama satu dekade terakhir.

Pemungutan suara hari Minggu termasuk pemilihan putaran kedua di 49 distrik pemilihan dan pemungutan suara putaran pertama di 69 distrik di mana kekerasan menghentikan pemungutan suara berlangsung bulan Desember lalu.

Pemerintah Republik Afrika Tengah dan misi penjaga perdamaian PBB MINUSCA sama-sama menyatakan keyakinan pemilihan hari Minggu akan berlangsung damai karena pasukan tambahan di lapangan dan gagalnya serangan pemberontak beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Rakyat Republik Afrika Tengah Lakukan Pemungutan Suara

Tetapi situasinya jauh dari stabil di negara kaya emas dan berlian berpenduduk 4,7 juta orang itu yang telah berulang kali mengalami serangan kekerasan sejak penggulingan Bozize pada 2013.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19