Kompas TV nasional budaya

Perayaan Nyepi di Bali Saat Pandemi, Ini Fakta-Fakta Menariknya

Minggu, 14 Maret 2021 | 16:57 WIB
perayaan-nyepi-di-bali-saat-pandemi-ini-fakta-fakta-menariknya
Tangkapan layar tayangan Kompas Siang yang menampilkan perayaan rangkaian Hari Raya Nyepi yang dilakukan umat Hindu di Bali. (Sumber: KompasTV)

BALI, KOMPAS.TV - Hari Raya Nyepi 2021 jatuh pada hari Minggu (14/3/2021) hingga Senin (15/3/2021). Umat Hindu di Bali dan Tengger (Bromo) merayakan Nyepi di tahun ini dengan suasana yang berbeda akibat pandemi Covid-19.

Nyepi merupakan tahun baru Saka atau penanggalan versi Bali. Perayaan dilakukan dengan tapa brata penyepian atau empat pantangan oleh umat Hindu.

Baca Juga: Nyepi, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Tutup

Bagaimana perayaan Nyepi di Bali di tengah pandemi? Simak fakta-fakta Hari Raya Nyepi di Bali berikut ini:

1. Larangan umat Hindu saat Nyepi

Saat Nyepi berlangsung, umat Hindu melakukan tapa brata penyepian yang meliputi amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Selama pelaksanaan tapa brata penyepian, masyarakat Bali termasuk para wisatawan yang berada di Bali dilarang bepergian. Akan ada patroli dari petugas keamanan adat (pecalang) untuk mengamankan pelanggar yang nekat bepergian.

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:00
UTUSAN KHUSUS PBB UNTUK DIALOG DAMAI DI YAMAN GAGAL MEDIASI PEMERINTAH & HOUTHI KARENA SUKAR DIAJAK DUDUK BERSAMA   BELUM ADA KEPASTIAN SOAL KE MANA SERGIO RAMOS AKAN BERLABUH SETELAH HENGKANG DARI REAL MADRID   BEK SERGIO RAMOS HENGKANG DARI REAL MADRID SETELAH BERSERAGAM LOS BLANCOS SELAMA 16 TAHUN   3 GOL TIMNAS ITALIA ATAS SWISS DIPERSEMBAHKAN OLEH MANUEL LOCATELLI DENGAN 2 GOL DAN CIRO IMMOBILE 1 GOL   TIMNAS ITALIA JADI TIM PERTAMA YANG LOLOS KE BABAK 16 BESAR EURO 2020 SETELAH MENCATATKAN KEMENANGAN 3-0 ATAS SWISS   BUPATI MALUKU TENGAH TUASIKAL ABUA PASTIKAN TIDAK ADA KORBAN JIWA AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   BPBD: 55 RUMAH WARGA DI MALUKU TENGAH RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR UNTUK PASIEN COVID-19 DI KOTA BANDUNG MENCAPAI 89,71%   PEMKOT SURAKARTA TARGETKAN 11.000 WARGA YANG BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS DISUNTIK VAKSIN COVID-19   PEMKOT SURAKARTA, JATENG, MULAI MENDATA WARGA BERUSIA 18 TAHUN KE ATAS UNTUK KEPERLUAN VAKSINASI COVID-19   RUSUN PASAR RUMPUT MANGGARAI DISIAPKAN SEBAGAI ISOMAN PASIEN COVID-19 ANTISIPASI JIKA GRAHA WISATA RAGUNAN PENUH   PEMKOT JAKSEL SIAPKAN RUSUN PASAR RUMPUT MANGGARAI SEBAGAI ISOMAN PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   TNI AU TAWARKAN LEMBAGA KESEHATAN PENERBANGAN & RUANG ANGKASA DR SARYANTO DI PANCORAN, JAKSEL, SEBAGAI TEMPAT ISOMAN   KANTOR KELURAHAN CIGANJUR DI JAKSEL DITUTUP SEMENTARA HINGGA BESOK KARENA LURAH HIFZILLAH POSITIF COVID-19