Kompas TV regional wisata

Hindari Nyepi di Bali, Sekitar Seribu Turis Padati Gili Trawangan

Sabtu, 13 Maret 2021 | 23:46 WIB
hindari-nyepi-di-bali-sekitar-seribu-turis-padati-gili-trawangan
Suasana di salah satu ruas jalan di pantai timur Gili Trawangan, Lombok, NTB yang dipadati turis pada Sabtu malam (13/3/2021). (Sumber: Kompas.TV - Vyara)

Penulis : Vyara Lestari

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Sekitar 1.000 wisatawan memadati Pulau Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menghindari perayaan Nyepi di Bali. Para wisatawan yang didominasi turis mancanegara ini datang ke Gili Trawangan menggunakan fastboat sejak Jumat (12/3/2021) hingga Sabtu (13/3/2021).

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Bali, Ni Luh Putu Eka Suyasmin membenarkan bahwa sekitar seribuan orang turis meninggalkan Bali selama dua hari sebelum Nyepi yang jatuh pada tanggal hari Minggu (14/3/2021).  

Baca Juga: Bandara Ngurah Rai Berhenti Beroperasi Saat Nyepi

“Ya, mungkin ada seribu orang. Dari kemarin sudah ratusan turis yang berangkat. Jumat kemarin ada 3 fastboat yang berangkat. Kebanyakan mereka berlibur ke Gili Trawangan,” ujar Ni Luh Putu Eka Suyasmin saat dihubungi Kompas.TV pada Sabtu (13/3/2021) malam.

Sejumlah turis domestik dan mancanegara tampak lalu-lalang di salah satu ruas jalan di Pulau Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/3/2021) siang. (Sumber: Kompas.TV - Vyara)

“Hari Sabtu, ada 3 fastboat lagi yang berangkat, pagi dan sore dari Eka Jaya dan Ostina,” tambahnya menyebut dua operator fastboat yang melayani rute Bali dan Lombok.

Baca Juga: Tradisi Melasti Rangkaian Nyepi Dengan PROKES Ketat

Menurutnya, hal ini selalu terjadi setiap tahun. “Ini biasa kalau Nyepi. Karena di Bali kan nggak ada aktivitas sama sekali, nggak boleh keluar, wi-fi nggak ada, semua kegiatan dihentikan, ” terangnya.

Selama perayaan Nyepi berlangsung, kata Ni Luh Putu Eka, seluruh kegiatan di semua pelabuhan di Bali dihentikan selama 24 jam. “Semua pelabuhan di Bali tutup. Kalau dari Padangbai, kapal ferry terakhir diberangkatkan pada Minggu (14/3/2021) jam 3 dinihari WITA. Sementara kapal ferry terakhir dari Lembar, Lombok, menuju Bali diberangkatkan jam 19.30 WITA pada Sabtu malam (13/3/2021),” ujarnya.

Baca Juga: Umat Hindu di Indonesia Sembahyang Melasti Jelang Hari Raya Nyepi

Seluruh pelabuhan di Bali akan kembali beroperasi pada Senin (15/3/2021). “Setelah Nyepi, semua kegiatan akan kembali seperti semula. Kapal ferry akan mulai diberangkatkan lagi mulai jam 9 pagi hari Senin,” katanya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x